Hasil yang Unpredictable

Hasil yang Unpredictable

  Rabu, 31 Agustus 2016 09:31

Berita Terkait

Kamera analog atau yang dulu kerap disebut ‘tustel’ kini sangat sulit dicari di tengah gempuran perkembangan kamera digital. Kendati demikian, actually kamera analog masih memiliki tempat tersendiri di hati para pencintanya. Para pengguna kamera analog inilah yang mengeksiskan kembali keberadaannya, seperti Oesoep Tjhai atau yang dikenal lewat akun instagram @dajjal_reloaded.inc. Melalui galeri instagramnya, kamu bisa melihat hasil-hasil foto menarik dari kamera analog.

Kamera analog merupakan suatu jenis kamera yang dalam teknik pengambilan gambarnya masih mempergunakan film seluloid. Kamera ini juga dikenal dengan sebutan kamera film karena penggunaan film sebagai media penyimpanan seperti kartu memori pada kamera digital. Nah, roll film inilah yang dapat membuat kita mengerem lajunya memotret misalnya jika dalam mengabadikan suatu momen dengan kamera digital perlu 6 kali jepret sedangkan kamera analog hanya 1 kali jepret.

Selain itu, kamera analog memiliki hasil yang unpredictable karena kita nggak bisa melihat preview foto yang telah dijepret. Sehingga saat diproses dan di-scan menjadi kejutan tersendiri. Walaupun begitu, actually hal inilah yang dicari oleh pengguna kamera analog seperti Oesoep Tjhai.

Pria yang akrab disapa Bang Oesoep ini mulai menyenangi kamera analog sejak setahun belakangan. Menurutnya, kamera analog menjadi sarana belajar dari basic karena dasar-dasar fotografi ada di kamera analog. Nggak heran hingga saat ini doi udah mengoleksi 8 kamera analog. 

Dalam mencari pernak-pernik kamera analog di Pontianak terbilang sulit loh karena udah nggak ada lagi yang jual roll film padahal terkadang masih ada beberapa toko yang memajangnya tetapi nggak dijual. Jadi hanya untuk koleksi pribadi. Sehingga biasanya pengguna kamera analog ini harus memesannya dari Pulau Jawa. 

Sedangkan untuk memproses fotonya juga demikian, lagi-lagi harus mengirim roll filmnya ke Pulau Jawa. Oleh karena itu banyak yang mengatakan budget untuk kamera analog terbilang mahal. Apalagi dari 1 roll film belum tentu jadi semua fotonya karena ada pengaruh teknis atau error di kamera yang mempengaruhi hasil foto. Tetapi hal-hal inilah yang menambah sensasi keseruan menggunakan kamera analog. 

Salah satu ciri khas dari kamera analog yaitu efek light leaks. Efek ini memunculkan cahaya tambahan di sekeliling foto (biasanya berwarna agak kemerahan atau oranye) sebagai akibat adanya gap pada kamera analog dimana cahaya bocor keluar. Dulu efek foto ini sangat dihindari, tetapi kini malah dicari-cari karena memiliki keunikan yang berbeda dengan yang lain. Hasil foto kamera analog juga mempunyai tone warna tersendiri.

Overall, keunikan kamera analog ini sangat menarik untuk diperdalam untukmu yang menyukai fotografi. Makanya nih, guys, daripada kamu sibuk galauin mantan mending kamu bongkar lemari ortumu buat nyari kamera analog. Lumayan banget deh, kalo kamu bisa mendapatkan kamera jadul ini. Pastinya kamu jadi antimainstream dibanding yang lain. (ind)

Photos by @dajjal_reloaded.inc

Berita Terkait