Hasil Pilkada Jadikan Sambas Lebih Baik

Hasil Pilkada Jadikan Sambas Lebih Baik

  Kamis, 10 December 2015 09:22
AMAN: Suasana pencoblosan di RSUD Sambas, di TPS yang ada di Kabupaten Sambas hingga suasana penghitungan suara di TPS. Pelaksanaan pencoblosan berlangsung tertib dan aman. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

 
SAMBAS—Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Sambas berjalan aman dan tertib. Masyarakat berharap hasil Pilkada ini menjadi tonggak awal demi kemajuan Kabupaten Sambas yang lebih baik lagi.
Pelaksaan Pilkada di Kabupaten Sambas relatif kondusif. Sejak dibukanya TPS pukul 07.00 wib Rabu (9/12) satu persatu masyarakat mendatangi TPS masing-masing sesuai dengan kartu undangan. Selain itu ada juga warga yang menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang mencoblos yang dilampirkan surat pengantar A5. Tak hanya di TPS, warga yang dirawat inap di rumah sakit pun ikut menyalurkan hak pilihanya dalam Pilkada ini. Di RSUD Sambas misalkan, petugas KPPS langsung mendatangi satu per satu pasien rumah sakit untuk menyalurkan hak pilihnya dan tetap mengedepankan prinsip bebas,
umum, rahasia, jujur dan adil. Dengan dikawal petugas kepolisian, petugas PPL Panwas, saksi-saksi masing masing pasangan calon pencoblosan di RSUD Sambas berlangsung aman, warga pun antusias.

 
Salah satu warga yang menggunakan hak pilihnya, Rudi dari Desa Pemangkat Kota mengatakan banyak harapan dalam pelaksanaan dan hasil Pilkada ini. “Kalau saya Sambas kedepan lebih baik, masyarakat semakin diperhatikan terutama dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan seperti adanya lebih banyak lagi lapangan pekerjaan,” ungkapnya kepada Koran ini.
Siapapun yang terpilih, kata dia, merupakan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sambas. “Harapannya lebih baik lagi kedepan, itu sajalah,” singkatnya. Begitu juga suasana pencoblosan di RSUD Sambas, dimana  sebanyak 27 pasien melakukan pencoblosan di TPS RSUD Sambas dengan didampingi sejumlah saksi dan petugas rumah sakit dalam menyisir pasien yang akan memilih sesuai data yang ada di KPU.
Ketua PPS 4 dusun Tumuk Manggis, Hermanto mengatakan pihak KPPS menyisir rumah sakit sambas untuk memfasilitasi para pasien yang akan melakukan pemilihan calon bupati dan wakil bupati sambas 2015. "Dari data KPU kabupaten Sambas ini jumlah pemilihnya 33 orang, termasuk yang menggunakan KTP sebanyak 5 pasien, dan total pemilih yang melakukan pencoblosan sebanyak 27 orang pemilih,” ujar Ketua Ketua PPS 4 desa Tumuk Manggis dusun Tumuk Manggis, Hermanto usai melaksanan tugas di RSUD Sambas. Dikatakannya pencoblosan yang dilakukan pasien tersebut bisa menggunakan Kartu Keluarga (KK), KTP, baik data yang terdaftar di KPU kabupaten Sambas. “Pencoblosan bisa menggunakan dan memberikan fotocopi KK, KTP, disini kita dari TPS menurunkan 5 orang petugas, serta 2 saksi,” tambahnya.
Sementara itu, Eko Sanjaya dari pemuda peduli pembangunan Kabupaten Sambas, dimana pun daerah yang melakukan Pilkada senantiasa berharap kedepannya memberikan manfaat besar kepada masyarakat. “Tentu kita harus lebih baik,” ungkapnya ditanya soal harapan Pilkada. (har)

 

Berita Terkait