Hari Jadi Pontianak, Saksikan Festival Drumband dan Fashion Road pada Sabtu dan Minggu

Hari Jadi Pontianak, Saksikan Festival Drumband dan Fashion Road pada Sabtu dan Minggu

  Jumat, 21 Oktober 2016 09:53

Berita Terkait

Sebanyak 38 kelompok peserta siap menyemarakkan Festival Drumband dan Fashion Road tingkat pelajar, memeringati hari jadi ke-245 Pontianak. Acara akan berlangung selama dua hari di Graha Pena Pontianak Post, mulai Sabtu (22/10) besok hingga Minggu (23/10).

KEPALA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak Hilfira Hamid mengungkapkan, even ini menjadi salah satu yang paling menarik dalam rangkaian Harjad Pontianak. Sangat ditunggu-tunggu masyarakat, khususnya warga Pontianak, sebagai hiburan atau tontonan yang mengasyikkan.

Selain jumlah peserta meningkat, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini puluhan pemain sepatu roda juga akan ikut berparade. Mengenakan pakaian khas Pontianak, laki-laki pakaian telok belanga, sedangkan perempuan baju kurung. Semakin memeriahkan agenda tahunan ini.

Hilfira berharap seluruh masyarakat mau ikut berpartisipasi, menyaksikan kreativitas dan bakat seni para pelajar ini. Khususnya dalam mengkreasi kostum-kostum unik dan memainkan alat-alat musik drumband. “Bagi peserta, ini juga kesempatan untuk unjuk gigi menampilkan kreasinya lewat parade,” ujarnya, Kamis (20/10).

Panitia Penyelenggara, Mareta Dasril menjelaskan, Festival Drumband dan Fashion Road tahunan ini akan dimulai pada pukul 08.00 WIB untuk hari Sabtu (22/10). Kemudian dilanjutkan pada Minggu (23/10) mulai pukul 13.00. “Sabtu itu untuk kategori SD dan SMP sementara hari Minggu untuk SMA,” jelasnya.

Untuk rute parade kategori SD dan SMP mulai dari Graha Pena Pontianak Post hingga belokan Cafe Corner kembali ke Graha Pena Pontianak Post. Sedangkan kategori SMA, sedikit lebih jauh, start dari Graha Pena Pontianak Post hingga belokan Jalan Setia Budi (depan Indomaret) kembali ke finsih di Graha Pena Pontianak Post.

Menurutnya, dari hasil technical meeting jumlah peserta yang ikut jauh lebih ramai dari tahun lalu. “Beberapa sekolah dari luar Pontianak juga ikut, seperti SDN 6 Sambas dan SDN 2 Anjungan. Jumlah peserta meningkat, diperkirakan akan lebih meriah dan antusias,” katanya.

Secara rinci dia menjelaskan, untuk peserta tingkat SD ada 10 tim, SMP ada tujuh tim dan tingkat SMA ada 21 tim. Seluruh peserta akan berparade menampilkan kreasinya sesuai dengan tema, untuk fashion road adalah flora dan fauna khas Kalbar. Sementara drumband lebih ke konsep paradenya yang akan dinilai.

“Peserta jangan takut karena antara drumband dan fashion road penilaiannya berbeda, aspek penilaian drumband lebih kepada Peraturan Baris Berbaris (PBB), musik dan penampilan, sementara fashion road lebih ke keserasian, kekompakan, properti dan kerapian busana,” pungkasnya.(bar)

 

Rute Festival Drumband dan Fashion Road

* Kategori SD dan SMP

- Waktu : Sabtu (22/10), mulai pukul 08.00–Selesai.

- Start dari Graha Pena Pontianak Post–Jalan Gajah Mada – sampai belokan Cafe Corner putar arah-kembali ke Graha Pena Pontianak Post (finish).

 

* Kategori SMA

- Waktu : Minggu (23/10), mulai pukul 13.00-Selesai

- Start dari Graha Pena Pontianak Post–Jalan Gajah Mada-sampai belokan Jalan Setia Budi/depan Indomaret–putar arah-kembali ke Graha Pena Pontianak Post (finish).

 

Berita Terkait