Hari Ini Puncak Kedatangan Tamu

Hari Ini Puncak Kedatangan Tamu

  Jumat, 14 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

KETAPANG -- Seremonial pembukaan Sail Selat Karimata 2016 di Sukadana Kayong Utara, akan dilakukan pada Sabtu (15/10) oleh Presiden RI, Joko Widodo. Sejumlah tamu undangan yang akan mengikuti acara tersebut sudah mulai berdatangan. Selain melalui jalur darat, ramai juga yang datang melalui Bandara Rahadi Osman Ketapang.

Kamis (13/10) pagi, sejumlah tamu dari dalam dan luar negeri mendarat di Bandara Rahadi Osman Ketapang. Sebagian tamu langsung menuju lokasi SSK di Sukadana menggunakan transportasi darat. Sebagian tamu lagi memilih menginap di Ketapang. Diprediksi, tamu undangan, termasuk beberapa Menteri RI, akan datang di hari ini, Jumat (14/10).

Dari pantauan Pontianak Post, kepadatan penumpang yang datang ke Bandara Rahadi Osman Ketapang terjadi sejak pagi hari. Hingga sore, jumlah penumpang terminal kedatangan masih ramai. Penerbangan maskapai Garuda Indonesia dan Kalstar yang menuju Ketapang, hampir selalu penuh.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, puluhan personel kepolisian tampak berjaga-jaga di sekitar bandara. Polisi bersenjata lengkap sengaja disiagakan di beberapa titik, termasuk bandara karena beberapa pejabat penting yang akan menghadiri SSK di Kayong Utara, akan datang melalui Bandara Rahadi Osman Ketapang.

Sementara itu, banyaknya tamu undangan dan masyarakat yang ingin datang pada acara tersebut, menjadikan berkah tersendiri bagi para penyedia transportasi darat. Salah satunya diakui Hendri, supir travel yang melayani antar jemput. "Dengan adanya kegiatan Sail Selat Karimata ini menjadi berkah bagi kami," katanya, kemarin (13/10).

Jika pada hari biasanya, ia hanya bisa membawa penumpang untuk kali jalan dari Ketapang menuju Sukadana Kayong Utara, dengan adanya moment ini ia bisa lebih dari sekali. "Pokoknya sejak seminggu terakhir saya bisa menarik penumpang dua hingga tiga kali jalan dalam satu hari," jelansya.

Sementara untuk tarif jasa travelnya, jika pada hari biasanya Hendri mematok Rp500 ribu untuk sekali jalan, moment seperti saat ini ia bersama para penyedia jasa travel lainnya memasang tarif hingga Rp600 ribu sampai Rp700 ribu. "Tapi kembali lagi pada kesepakatan penawaran. Kalau satu mobil itu isinya 4-5 orang, kami pasang tarif Rp700 ribu. Kalau hanya sendiri Rp600 ribu," ungkapnya.

Ia mengaku, untuk jasa travel sepertinya memang sedang dibutuhkan. Pasalnya, angkutan darat dari Ketapang menuju Sukadana terbilang sangat minim. Hanya ada satu bis yang melayani rute Ketapang-Sukadana. Meskipun pemerintah sudah menyediakan bis penjemput untuk tamu, namun pengunjung yang bukan tamu harus menggunakan tranportasi umum.

"Yang pakai bis penjemput itu hanya tamu. Kalau yang di luar undangan itu harus pakai mobil pribadi atau sewa. Kami juga tidak memasang tarif yang terlalu tinggi. Asal ada kesepakatan, dan pada intinya tidak ada yang diberatkan, kami jalan," pungkasnya. (afi)

 

Berita Terkait