Hari Ini Polres Resmi Berdiri

Hari Ini Polres Resmi Berdiri

  Selasa, 27 December 2016 09:19
MAPOLRES: Markas Polres (Mapolres) Kayong Utara yang akan diresmikan keberadaannya hari ini (27/12) oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak. Sejumlah persiapan telah dilakukan menyongsong peresmian tersebut. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Markas Kepolisian Resor (Polres) Kayong Utara akan diresmikan keberadaannya hari ini (27/12) oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak. Kepastian tersebut diungkapkan kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kayong Utara, Jumadi Gading.

"Kami harapkan untuk yang telah menerima undangan dapat menghadiri kegiatan tersebut. Karena ini sudah dinanti oleh kita kehadiran Polres (di) Kayong Utara," ujar Jumadi, kemarin (27/12) di Kantor Bupati Kayong Utara. 

Dirinya menjelaskan, untuk penyambutan Kapolda akan dilakukan wakil Bupati Kayong Utara, Idrus. "Wakil Bupati kita nanti akan menyambut lagsung kedatangan Kapolda di Kayong Utara," terang mantan jurnalis tersebut. 

Adapun penyambutan Kapolda akan dilakukan dengan menggunakan adat Melayu tepung tawar, dan tarian Melayu.

Kemarin telah dilakukan gladi resik peresmian Markas Polres dan pelantikan Kapolres di Mapolres. Rencananya, sebelum dilakukan pelantikan dan peresmian, terlebih dahulu digelar silaturahmi dan tatap muka bersama Kapolda di Hotel Mahkota Kayong. Kapolda bintang dua pertama di Kalbar tersebut akan dipertemukan dengan seluruh kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, jajaran SKPD se-Kayong Utara, Forkompinda Ketapang dan Kayong Utara, bahkan juga akan dihadiri oleh para kapolres di wilayah hukum Polda Kalbar. Pelantikan sendiri akan dilaksanakan sekitar pukul 13.00 WIB di halaman Markas Polres yang beralamat di Dusun Setegar, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana.

Menaggapi bakal berdirinya Markas Polres di Kayong Utara, salah satu warga, sebut saja Rudi, menyambut baik hal tersebut. Karena, menurut dia, keberadaan Polres merupakan dambaan masyarakat luas, khususnya Kayong Utara. 

"Alhamdulillah, ini harapan kami semua. Sudah ada Polres di Kayong Utara. Jadi kalau ada keperluan, tidak harus jauh-jauh lagi ke Ketapang. Kan sudah ada di Kayong. Mau buat SIM atau keperluan lainnya sudah dekat," lanjutnya.

Sementara itu, kepala Desa (Kades) Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Rajali, dengan mengerahkan seluruh perangkatnya, memasang telah memasang bendera dan umbul-umbul di sepanjang ruas jalan Provinsi di Dusun Siduk dan sekitarnya, Sabtu (24/12) lalu. Hal itu dilakukan dia untuk menyambut kedatangan Kapolda beserta rombongan di Sukadana.

“Ya, kita memasang umbul-umbul ini untuk menghormati kedatangan Kapolda Kalbar di daerah kita. Walaupun acaranya bukan di Desa Simpang Tiga, namun desa ini menjadi transit dan pastinya juga akan dilewati Kapolda beserta rombongan,” terang Rajali saat bersama jajarannya memasang umbul-umbul di sepanjang jalan.

Untuk diketahui, Kapolda direncanakan datang ke Kabupaten Kayong Utara hari ini. Kedatangan orang nomor satu di korps baju cokelat di Kalbar ini, untuk meresmikan Polres Kayong Utara. Berdasarkan undangan yang diterima wartawan koran ini, Bupati Hildi Hamid mengundang segenap lapisan masyarakat untuk hadir dalam kegiatan silaturahmi bersama Kapolda.

Selain silaturahmi bersama jajaran pemerintah, pemuka agama, tokoh masyarakat, dan ormas, kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Mahkota Kayong Sukadana itu, juga dalam rangka meresmikan Mapolres Kayong Utara di Sukadana.

Terkait diresmikannya Mapolres Kayong Utara, Kades Simpang Tiga Rajali menyambut baik hal itu. Menurutnya, Kayong Utara yang memasuki usia 10 tahun sejak diresmikan sebagai kabupaten ke-13 di Kalbar, sudah mengalami banyak kemajuan.

 “Dengan perkembangan suatu daerah, biasanya juga diikuti dengan tindak kriminalitas yang tinggi. Maka untuk mengantisipasi itu, sepantasnya Mapolres berdiri sendiri di daerah ini,” ujarnya. (dan)

Berita Terkait