Hari Ini 500 Pejabat Dilantik

Hari Ini 500 Pejabat Dilantik

  Senin, 9 January 2017 09:30
PELANTIKAN: Pelantikan 65 pejabat di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu yang sempat dipersoalkan beberapa waktu lalu. Hari ini, Bupati terpilih, AM Nasir akan benar-benar mengukuhkan kabinet pemerintahannya. BORNEONUSANTARATIME.COM///

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Sejak sepakan terakhir ini, isu pelantikan (pengukuhan) pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu ramai dibicarakan. Bahkan, tidak sedikit PNS di lingkungan Pemkab menanyakan isu tersebut ke berbagai pihak. Maklum, pascapelantikan sebagai Bupati dan Wakil Bupati, AM Nasir dan Antonius L Ain Pamero, belum dilakukan pengangkatan para pembantunya.

Jadi tidak heran, reshuffle pejabat di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu menjadi isu yang ditunggu-tunggu banyak pihak. Apalagi Perda Penetapan SKPD yang baru telah selesai disusun dan disetujui DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, pertengahan 2016 lalu. Jika sebelumnya ada 29 SKPD, maka di SKPD baru yang baru ini sedikit ramping yakni hanya 27 SKPD. Perampingan terjadi karena Dinas Kehutanan dan Perkebunan serta Dinas Pertambangan dan Energi diambil alih Pemerintah Provinsi. Sementara Badan pengelolaan Perbatasan (BPP) telah dihapus untuk tingkat daerah.

Terkait isu pelantikan para pejabat tersebut, dibenarkan Usmandi, kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Menurutnya, pelantikan akan dilangsungkan hari ini (9/1) pukul 08.00 WIB di Gedung Indoor Putusssibau.

“Benar, besok (hari ini, Red) ada pelantikan di Gedung Indoor Putussibau. Jumlahnya kurang lebih 500 orang,” kata Usmandi. Hanya saja, mantan Camat Bunut Hulu ini mengaku tak mengetahui persis berapa pejabat eselon II, III, dan IV yang akan dilantik Bupati tersebut. “Saya kurang tahu berapa masing-masing esolon yang dilantik. Yang jelas kurang lebih 500 orang informasi yang saya terima,” kata dia.

Beberapa waktu lalu, berita akan ada pelantikan pada hari ini, juga disampaikan kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kapuas Hulu, Nusantara Gawat. “Tanggal 9 Januari ini ada pelantikan. Jadi kami tidak boleh meninggalkan tempat,” kata Gawat saat itu.

Bahkan, dia menyebutkan pada 3 Januari lalu telah dilakukan sidak. Tapi, dari pantauan sejumlah wartawan di Putussibau, ternyata tidak ada sidak.

Menanggapi pelantikan pejabat di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, praktisi hukum Kapuas Hulu, Mohd Syafi’i, berharap agar pejabat yang dipilih Bupati sebagai pembantunya tersebut, mampu menjalankan roda pembangunan sesuai visi-misi Bupati terpilih. Mereka yang dilantik diharapkan dia benar-benar merupakan pejabat berkompoten di bidang tugasnya masing-masing. “Saya berharap pejabat yang dipilih, menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkap dia.

Syafi’i juga berharap tidak ada istilah suka atau tidak suka, dalam pemilihan pejabat sebagai pembantu Bupati dan Wakil Bupati, dalam merealisasikan program-program yang sudah disusun. Yang terpenting, menurut dia, bagaimana kualitas dari pejabat yang bersangkutan dan keahlian di bidang tugas yang dipercayakan Bupati sebagai kepala daerah, untuk memimpin unit kerjanya. (aan)

 

Berita Terkait