Harga Plastik Berbayar Belum Ditentukan

Harga Plastik Berbayar Belum Ditentukan

  Rabu, 10 February 2016 09:29
Foto Asep Haryono / www.simplyasep.com

Berita Terkait

JAKARTA – Sepuluh hari jelang pelaksanaan kebijakan kantong plastik berbayar, pemerintah belum juga memutuskan besaran angka untuk harga kantong plastik. Padahal, besaran itu yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Molornya pengambilan keputusan terkait harga ini memunculkan banyak spekulasi. Salah satunya, soal belum adanya kata sepakat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Aprindo diduga meminta harga tidak terlalu tinggi. Sebab, berhubungan erat dengan penjualan barang di tempat mereka.

Dikonfirmasi soal hal ini, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tuti Hendrawati Mintarsih menampiknya. Menurutnya, meski belum ada keputusan, pihaknya dan Aprindo telah menyepakati satu hal. Harga kantong plastik akan diberlakukan minimal Rp 500. ”Pada umumya lebih setuju Rp 500 memang,” tuturnya di Jakarta, kemarin (9/2).

Meski, lanjut dia,banyak masukan dari beberapa pihak agar harga kantong plastik berbayar dibandrol minimal Rp 1.000. Usulan tersebut diberikan saat dirinya mengisi sebuah acara. Alasannya, agar masyarakat lebih peka pada urusan sampah plastik yang ditimbulkan. ”Itu untuk hari biasa. Saat weekend Rp 2.000,” ungkapnya.

Tapi diakui Tuti, keputusan ini tidak bisa dilakukan sepihak. Pihaknya harus mengkomunikasikan dengan Aprindo dan pemerintah daerah (pemda). Selain itu, kebijakan kantong plastik berbayar pada 21 Februari 2016 nanti masih dalam tahap ujicoba dan sosialisasi. Sehingga, masih perlu dilakukan pendalaman soal penuruan penggunaan kantong plastik setelah kebijakan diterapkan.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya bersama pemda akan membentuk rim evaluasi. Sehingga, pada tiap akhir bulan, dapat dilihat besar penuruan konsumsi kantong plastik saat berbelanja ini. ”Baru bisa diputuskan lebih lanjut,” ujarnya.Tuti menjelaskan, ada 23 kabupaten/kota yang telah menyatakan komitmen mereka untuk menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar. Namun, pada peluncuran program 21 Februari 2016 nanti, hanya sembilan kabupaten/kota yang langsung bergabung. Yakni, DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Banda Aceh, Makassar, Denpasar, Surabaya, Tangerang dan Balikpapan.

Dari sembilan tersebut, Bandung menjadi kota yang paling siap. Menurut Tuti, Pemerintah Kota Bandung sudah sejak lama merencanakan kebijakan ini. Pemkot bahkan sudah mengambil ancang-ancang untuk harga kantong plastik perbuahnya, yakni Rp 200. (mia)

Berita Terkait