Harga Ikan Kembali Normal

Harga Ikan Kembali Normal

  Sabtu, 20 Agustus 2016 10:21
/LELANG IKAN: Seorang penjual ikan sedang memilih ikan di tempat pelelangan ikan di Pasar Rangga Sentap. Saat ini stok ikan kembali melimpah.

Berita Terkait

KETAPANG – Banyaknya kapal nelayan dari luar Ketapang membuat stok ikan di Pasar Rangga Sentap kembali melimpah. Selain melimpah, harga ikan juga berangsur normal.

Sebut saja ikan tenggiri yang sebelumnya dibanderol Rp90 ribu perkilogram, saat ini sudah turun di kisaran Rp65 ribu perkilogram.

Ketua Forum Pelelangan Ikan Pasar Rangga Sentap Ketapang, M Raji, mengatakan, hasil tangkapan ikan yang masuk ke tempat pelelangan ikan di sana sejak beberapa hari terakhir begitu melimpah. Diakui dia, berbagai jenis ikan masuk ke tempat pelelangan tersebut. "Beberapa hari terakhir jumlah ikan memang melimpah," akunya, kemarin (19/8).

Ia menjelaskan, selain hasil tangkapan dari nelayan lokal, banyak juga ikan yang dipasok dari nelayan luar Ketapang. Misalnya, disebutkan dia, nelayan dari Pulau Jawa. Bahkan, semua hasil tangkapan belayan dari luar, menurut dia, dijual di Ketapang. "Dari Indramayu itu juga banyak yang dijual di Ketapang. Mereka menangkap ikan di sekitar perairan Ketapang dan dijual di Ketapang," jelasnya.

Ia memprediksi jika perairan Ketapang saat ini kondisi cuacanya sedang bagus. Selain itu, dia menambahkan, jumlah ikan di perairan Ketapang diprediksi sedang melimpah, jika dilihat dari kondisi cuaca musim timur seperti sekarang ini. "Jika kondisi seperti ini, stok ikan diperkirakan akan terus banyak dan harganya akan stabil," ungkapnya.

Banyaknya nelayan luar yang masuk ke Ketapang dianggap dia bisa membantu memenuhi kebutuhan ikan di Ketapang. Menurutnya, kapal yang digunakan untuk menangkap ikan juga standar. "Ikan tongkol, tenggiri, dan ikan lainnya saat ini sudah banyak. Itu karena banyak juga nelayan luar yang menjual ke Ketapang," paparnya.

Sementara itu, salah satu pedagang ikan di Pasar Rangga Sentap, Yanto (33), mengatakan, saat ini harga ikan di laut mulai stabil. Hal itu, menurut dia, disebabkan oleh semakin banyaknya ikan yang didapat dan dijual oleh nelayan. "Semua jenis ikan hampir ada ada semua. Harganya juga murah dibandingkan sebelumnya," katanya.

Ikan yang melimpah tersebut, menurut dia, juga diikuti semakin meningkatnya permintaan dari konsumen. “Jika kita setiap hari hanya mampu menjual ikan 10 kilogram, saat ini mampu menjual ikan di pasaran ini mencapai hingga 20 hingga 25 kilogram. Mungkin karena harganya murah, masyarakat banyak yang membeli," jelasnya.

Ia menambahkan, sejak beberapa hari cukup banyak menjual ikan. Jumlah tersebut, diungkapkan dia, jauh lebih banyak jika dibanding hasil penjualan pada hari biasanya. "Sejak beberapa hari terakhir saya bisa menjual ikan hingga 30 kilo (gram) perhari. Jumlah ini lebih banyak dari hari biasanya yang terkadang 20 kilo saja tidak habis," ucapnya.

Ia juga menambahkan, saat ini harga ikan di Pasar Rangga Sentap juga sudah standar. Jika beberapa waktu lalu, diakui dia, seperti harga ikan tenggiri mencapai Rp90 ribu perkilogram, maka saat ini sudah turun menjadi Rp65 ribu perkilogram. "Ikan-ikan lain juga ikut turun harganya. Ikan sudah melimpah," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait