Hanya Rp5.000, Siswa Sudah Punya Tabungan

Hanya Rp5.000, Siswa Sudah Punya Tabungan

  Sabtu, 12 December 2015 09:12
TABUNGAN PELAJAR : Bank Kalbar bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan tabungan khusus bagi pelajar yang diberi nama simpanan pelajar (Simpel). Terlihat sejumlah pelajar ikut hadir dalam acara peluncuran tabungan di Pendopo Gubernur Kalbar, Jumat (11/12). MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

PONTIANAK - Kini para siswa tidak lagi kesulitan menyimpang uang di bank. Sebab Bank Kalbar bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk tabungan khusus siswa.Tabungan yang diluncurkan di pendopo rumah dinas Gubernur Kalimtann Barat, Jumat siang. Dengan setoran awal Rp5.000 saja, para siswa sudah memiliki tabungan sendiri. Tabungan khusus pelajar ini disebut Simpanan Pelajar (SimPel).

Direktur Utama Bank Kalbar Sudirman HMY berharap dengan diluncurkannya program tabungan khusus ini maka bisa memotivasi pelajar agar semakin giat menabung sejak dini. Apalagi tidak sulit untuk melakukan aktivitasinya.“Dengan setoran awal Rp5.000, rekening langsung bisa aktivasi. Minimal setoran Rp1.000 atau sesuai kemampuannya,” kata Sudirman.

Sudirman menargetkan 50 persen dari seluruh pelajar di Kalbar bisa menjadi nasabah tabungan SimPel ini. terdata ada 993.270 pelajar di Kalbar. Jika dari separuh itu menjadi nasabah, maka angka setoran awalnya bisa sekitar Rp2,5 miliar. Dengan catatan setoran minimal Rp5.000 per siswa.

Kepala Kantor OJK Kalbar Asep Ruswandi menyebutkan pendanaan yang bersumber dari masyarakat harus terus ditingkatkan. Karena itulah, penting untuk meningkatkan budaya menabung sejak ini.Saat inipun, lanjut dia, menabung tidak sulit. Jika dulu harus menggunakan KTP maka sekarang tidak lagi. Cukup dengan kartu pelajar, maka sudah bisa menabung. Kebijakan untuk meringankan itu bisa saja petugas perbankan datang ke sekolah untuk meningkatkan semangat menabung.“Tapi itu tergantung lagi komitmen dengan sekolah seperti apa,” kata dia.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie menyambut baik peluncuran program ini. Apalagi, kata dia, gerakan dan semangat menabung harus dibangkitkan kembali.“Jika dulu yang sempat populer itu Tapepram dan Tabanas. Sekarang yang akan populer itu SimPel,” kata M Zeet. Saat ini, Bank Kalbar sudah melakukan aktivasi untuk 5.635 tabungan SimPel. Aktivasi tersebut berasal dari 50 sekolah yang berada di Kota Pontianak dan Kubu Raya. Baru dua daerah ini yang sudah berkerjasama dalam program SimPel. (mse)