Hanya Khusus Membawa Roda Empat dan Enam

Hanya Khusus Membawa Roda Empat dan Enam

  Senin, 8 Agustus 2016 09:23
TELUK BATANG: Pelabuhan Teluk Batang akan disesaki lagi dengan satu alat transportasi air bernama KM Lestari Maju. Kapal yang khusus mengangkut kendaraan roda empat dan enam tersebut mulai beroperasi hari ini. PANORAMIO

Berita Terkait

 
Perekonomian Kalbar semakin bergairah, sehingga memacu para pengusaha untuk aktif dalam membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan, termasuk usaha di bidang transportasi air. Terutama transportasi dari ibukota provinsi ke wilayah selatan Kalbar yang meliputi Kayong Utara dan Ketapang.

DANANG PRASETYO, Sukadana

Pemilik KM Lestari Maju, Hendra Wiyono, memastikan bahwa KM Lestari Maju mulai operasi hari ini (8/8). Adapun jadwal keberangkatan dari Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, ke Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, disebutkan dia, berlangsung pada Senin, Rabu, dan Jumat pada pukul 18.00 WIB. Sebaliknya, Selasa, Kamis, dan Sabtu dari Teluk Batang ke Rasau Jaya, menurut dia, berlangsung pada pukul 17.00 WIB. Untuk tiket, dikatakan dia, bisa datang langsung di pelabuhan, baik di Rasau atau di Teluk Batang. “Bisa juga pesan dengan menghubungi marketing kami di nomor kontak 081250343621 dan 081250292087,” kata dia.

Dia mengibaratkan untuk KM Lestari Maju adalah kendaraan air mirip seperti Honda di Kubu Raya atau penyeberangan Merak – Jakarta. “Kita sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah, makanya kita siap operasional pada Senin besok (hari ini, Red),” katanya.

KM Lestari Maju, disebutkan dia, memiliki kapasitas 20 kendaraan roda empat dan 30 kendaraan roda enam. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, tidak dapat dilayani mereka lantaran izin yang dimiliki hanya khusus roda empat dan roda enam.

“Untuk sepeda motor tetap menggunakan motor kelotok yang sudah berjalan selama ini, sehingga usaha yang kami jalankan ini tetap bersinergi dengan yang lain, dan tidak untuk mematikan usaha yang sudah berjalan selama ini,” ucap Hendra dihubungi via handphone, Sabtu (6/8).

Ia mengungkapkan bahwa keberadaan mereka bukan semata untuk mencari keuntungan. Lebih dari itu, mereka ingin mendukung geliat ekonomi di Kalbar, khususnya di wilayah selatan Kalbar. Terlebih, diingatkan dia bahwa Kayong Utara yang tidak lama lagi akan menjadi tuan rumah kegiatan bertarap nasional bahkan internasional, yaitu Sail Selat Karimata, yang acara puncaknya pada 15 Oktober mendatang di Sukadana.

Sementara itu, kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kayong Utara, Rusli, berharap agar dengan beroperasinya KM Lestari Maju, dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Sebab, dikatakannya, masuk ke Kayong Utara untuk sementara lebih efektif dengan melalui kendaraan air yang di Teluk Batang. 

Hadirnya KM Lestari Maju yang izin trayeknya dari Rasau Jaya – Teluk Batang, mendapat sambutan positif dari pengusaha Sukadana, Lim Mou Seng. Menurutnya, memang sudah sepantasnya jasa transportasi air ditingkatkan. “Kita amati pertumbuhan masyarakat bertambah dan membuat kebutuhan masyarakat yang pulang pergi ke Pontianak ke Kayong Utara atau Ketapang dan sebaliknya kian ramai. Khususnya angkutan barang, sehingga hadirnya KM Lestari Maju ini bisa mempermudah urusan,” tutupnya. (*)

Berita Terkait