Hanya Bongkar Bangunan Milik Pemda

Hanya Bongkar Bangunan Milik Pemda

  Sabtu, 2 April 2016 09:25
DIBONGKAR: Pembongkaran sejumlah bangunan di Pantai Pulau Datok Sukadana masih terus berlangsung. Pembongkaran itu sendiri dimaksudkan untuk persiapan penataan Sail Selat Karimata, 15 Oktober mendatang. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Pembogkaran bangunan di lokasi wisata Pantai Pulau Datok Sukadana, terus bergulir. Pembogkaran itu sendiri untuk sementara ini masih menyasar bangunan-bangunan yang dimiliki pemerintah setempat. Langkah itu sendiri dilakukan untuk mempercepat pembangunan menjelang Sail Selat Karimata di lokasi tersebut.

Sementara itu, untuk bangunan yang saat ini masih berdiri dan dihuni oleh masyarakat  belum dilakukan pembongkaran. Pemberlakuan terhadap bangunan milik masyarakat tersebut masih menuggu keputusan. Hal tersebut diugkapkan kepala Satuan Polisi Pamog Praja (Satpol PP) Kabupaten Kayong Utara, Basri, Kamis (31/3) lalu di Pantai Pulau Datok.

“Untuk saat ini yang dilakukan pembongkaran dilakukan hanya milik Pemda saja, yang masuk dalam lokasi kegiatan puncak pada Sail Selat Karimata nanti. Adapun untuk saat ini dilakukan pembongkaran seperti panggung, homestay, gudang milik Disbudparpora Kayong Utara,” ungkapnya. Meski demikian, dia tak memungkiri jika selanjutnya akan dilakukan pembongkaran terhadap bangunan lainnya, yang masuk dalam lokasi kegiatan bertaraf internasional tersebut.  

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman, mulai saat ini mereka akan melakukan patroli. Bahkan pihaknya juga mendirikan pos jaga. Hal ini dimaksudkan mereka untuk mencegah jika memang terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, jika memang ada terjadi hal-hal yang sampai mengarah tindak pidana, pihaknya akan melakukan koordinasi bersama kepolisian.

“Kita akan tetap melakukan patroli di lokasi yang akan menjadi kegiatan lokasi puncak pada Sail Selat Karimata nanti. Selain itu, kita bukan hanya melakukan patroli saja, melainkan akan mendirikan pos jaga. Hal ini tentunya untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pembangunan di Pantai Pulau Datok,” ujarnya.

Basri juga berharap kepada masyarakat, agar dapat selalu mendukung terkait persiapan perhelatan Sail nanti. Salah satunya, diungkapkan dia, jika memang sudah ada kesepakatan antara pemerintah dengan warga, terkait pembongkaran bangunan mereka. “Harapan kami yang mana hanya melakukan pengamanan dan juga membantu untuk menertibkan dalam pelaksanaan Sail nanti,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga Sukadana, Riyan (30), memberikan apresiasi terhadap pemerintah yang akan melaksanakan kegiatan bertaraf internasional di kabupaten ini. Namun, dia menyarankan, jika untuk pembongkaran bangunan yang terkena dampak dari perhelatan Sail nanti, sebaiknya dilakukan dengan baik.

“Semoga saja penertiban yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada perselisihan paham antara pemerintah dan masyarakat, agar kegiatan Sail nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” harapnya. (dan)

Berita Terkait