Hamas Tolak Kunjungan Wapres AS ke Yerusalem

Hamas Tolak Kunjungan Wapres AS ke Yerusalem

  Senin, 18 December 2017 16:17
Kota Suci Yerusalem (Reuters)

Berita Terkait

Kelompok Hamas Palestina menyerukan penolakan atas kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence ke Yerusalem. Pence dijadwalkan mengunjungi Kota Suci Yerusalem pada Rabu mendatang.

Seorang anggota Biro Politik Hamas, Hussam Badran mengatakan, kunjungan Pence menjadi tantangan bagi rakyat Palestina. Ia menyerukan rakyat Palestina untuk melakukan unjuk rasa dan konfrontasi dengan pasukan Israel di setiap tempat. Terutama sekitar Yerusalem dan Masjid Al Aqsa.

Seperti dilansir Anadolu, Senin, (18/12), Pence kemungkinan akan mengunjungi Tembok Al Buraq yang disengketakan di Yerusalem. Bagi umat Yahudi Tembok Al Buraq disebut Tembok Ratapan. Mereka mengklaim itu merupakan situs kedua kuil Yahudi terkemuka di zaman kuno.

Sementara itu, umat Islam menganggapnya sebagai bagian dari kompleks Masjid Al-Aqsa. Masjid yang menjadi situs tersuci ketiga umat Islam.

Usai keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada 6 Desember, pejabat Palestina termasuk Presiden Mahmoud Abbas membatalkan pertemuannya dengan Pence.

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Israel-Palestina, dengan orang-orang Palestina berharap Yerusalem Timur yang sekarang diduduki oleh Israel akhirnya jadi Ibu Kota Palestina.

(ce1/met/JPC)

Berita Terkait