H-4 Arus Mudik Masih Lengang

H-4 Arus Mudik Masih Lengang

  Senin, 4 July 2016 09:44
LENGANG: Kondisi arus mudik lebaran di Pelabuhan Teluk Batang pada H-4 kemarin masih terlihat lengang. Padahal dari pelabuhan ini para pemudik biasanya melanjutkan perjalanan ke Kubu Raya dan Kota Pontianak. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

TELUK BATANG – Tingkat arus mudik lebaran di tahun 2016 di Pelabuhan Teluk Batang masih tampak lengang, tidak seperti pada tahun sebelumnya. Padahal pada H-4 Idulfitri yang jatuh Sabtu (2/7) lalu, diprediksi menjadi puncak arus mudik, namun dari pantauan di lapangan, jumlah pemudik tidak terlalu ramai.

“Sebenarnya hari ini, (di mana) kita perkirakan hari ini (Sabtu, Red) puncaknya arus mudik. Kalau kita bandingkan dengan tahun-tahun lalu, tahun ini memang keliatan agak berkurang,” kata Rusli, kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kabupaten Kayong Utara, Sabtu (2/7) di Pelabuhan Teluk Batang.

Untuk angkutan air sendiri, pihaknya mempersiapkan tiga kapal feri yang bisa mengangkut kendaraan roda empat, kemudian empat unit kapal kelotok yang hanya dapat mengangkut kendaraan roda dua.  “Khusus hari ini, kita ada sediakan tiga kapal feri, untuk kapal kelotok ada empat kapal, satu kapal Bone, itu ke Pontianak, tiga ke Rasau Jaya. Kapal mulai berangkat, ada yang jam 11 (siang), jam 5 (sore), jam 7 (petang), dan terakhir jam 9 (malam),” papar Rusli.

Sedangkan untuk pemeriksaan alat-alat keselamatan dan tes narkoba kepada nahkoda kapal, menurut Rusli, sudah dilakukan pemeriksaan di Kabupaten Kubu Raya. Sedangkan untuk jumlah kapasitas penumpang, karena jenis kapal yang ada tidak  memiliki jumlah kursi, maka  pihaknya kesulitan dalam memberikan batasan jumlah penumpang. Namun mereka selalu memantau setiap kapal yang akan berjalan. Mereka selalu mengingatkan agar tidak menaikkan penumpang melebihi kapasitas kapal.

“Untuk pemeriksaan alat keselamatan, karena ini banyak kapal Rasau Jaya (Kabupaten Kubu Raya), maka sudah dilakukan pemeriksaan di sana (Rasau Jaya, Red), baik itu terhadap tes narkobanya dan alat keselamatan sudah dilakukan. Untuk muatan penumpang sudah kita sampaikan kepada operatornya, dan kita juga membuat spanduk,” sambungnya.

Sementara itu, kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Teluk Batang, Iptu Aris Pramudji, mengatakan arus mudik lebaran di tahun 2016 ini memang mengalami penurunan jika dibanding dengan tahun lalu. Namun, menurut dia, mengenai pengamanan arus mudik, pihak kepolisian tetap selalu melakukan pengamanan secara maksimal, bahkan dengan jumlah personel yang terbatas saat ini. Pihak Polsek Teluk Batang sendiri, diungkapkan dia, juga telah mendapatkan bantuan personel dari Polres Ketapang, untuk menjaga keamanan masyarakat saat melakukan mudik lebaran tahun ini.

“Keamanan dan ketertiban  arus mudik tahun ini tidak ada masalah, dan kita bandingkan dengan tahun lalu memang tahun ini agak lengang sedikit. Sebenarnya hari ini mulai agak ramai, dan mungkin besok (Minggu, Red) tingkat intensitas arus mudik akan lebih ramai lagi. Dan untuk kepolisian juga membentuk pos pelayanan masyarakat, dan backup dari Polres Ketapang 10 personel,” ungkap Kapolsek.

Sementara itu, demi memaksimalkan pengamanan arus mudik, pihak Kecamatan Teluk Batang  sendiri, menurut dia, juga telah membentuk tim pelayanan arus mudik gabungan. Dengan terbentuknya tim tersebut, ketika masyarakat mengalami kesulitan, baik dikarenakan barang-barang bawaan yang hilang ataupun gangguan kesehatan, dapat langsung menyampaikan kepada tim kecamatan yang sudah dibentuk. “Kecamatan (Teluk Batang) sendiri sudah dibentuk tim pelayanan arus mudik gabungan, dari Perhubungan, Kepolisian, Koramil, Satpol PP Kecamatan, Airud, dan Puskesmas,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait