Guru sebagai Teladan

Guru sebagai Teladan

  Rabu, 28 Oktober 2015 16:25   1

Oleh: Zubairi

Setelah melihat kondisi generasi bangsa yang mengalami kerusakan moral dan terjebak pada hal-hal yang jauh dari harapan bangsa, tentu tidak ada salahnya jika kita menelisik sedikit  peran pendidik sebagai tokoh sentral, dalam berusaha menata generasi bangsa yang lebih baik dan berkepribadian, karena bagaimana pun hasil dari kerusakan moral tersebut tidal terlepas dari peran pendidik (guru) dalam memberikan pendidikan kepada generasi bangsa.

Kalau kita kembalikan pada tanggung jawab seorang pendidik, mereka tidak lah cukup hanya memberi ilmu pengetahuan sebab seorang pendidik biasa nya menjadi salah satu orang yang selalu menjadi panutan dan segala tindakan nya akan selalu menjadi sumber inspiarasi bagi untuk semua peserta didik nya.

Seperti halnya pendidik masa kini, mereka seharusnya mampu menjadi pendidik, yang tidak hanya bertugas sebagai seseorang yang memberikan ilmu pengetahuan atau pun yang mengarahkan peserta didik harus berperilaku baik. Namun mereka seharusnya mampu memberikan contoh dalam kehidupan ksehariannya dalam berperilaku baik. Contoh perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang guru akan sangat efektif, karena  hal ini akan merangsang peserta didik terhadap kesesuaian perbuatan pendidik dengan apa yang di sampaikan di dalam ruang kelas.

Namun apabila melihat kondisi pendidik masa kini, memang sangat beraneka ragam macam perilakunya, mulai dari yang profisional dalam mendidik, dan bahkan pendidik yang tidak professional atau pendidik yang menunjukkan perilaku tidak baik ,namun yang perlu diingat bahwa tidak sedikit pendidik yang juga sering memberikan contoh yang tidak baik, seperti yang pernah diberitakan oleh beberapa media, bahwa ada beberapa guru yang tidak berperilaku selayaknya pendidik, ada yang mencabuli siswanya dan ada juga yang memperlakukan siswa dengan perilaku yang kasar.

Peserta didik biasanya sangat rentan dalam meniru perbuatan yang ditunjukkan oleh pendidik nya seperti halnya dalam pendidikan dalam keluarga biasa anak senang dalam meniru sifat-sifat yang ditunjukkan orang tuanya. Maka sangat dikhawatirkan apabila peserta didik tersebut meniru perbuatan yang ditunjukkan oleh pendidik yang kurang baik. Karena hal-hal tersebut akan sangat berdampak pada masa depan peserta didik dan lebih jauh untuk bangsa ini, sebab tidak mungkin bangsa ini di pimpin oleh orang-orang yang karakter dan kepribadian nya tidak baik dan rusak.

Sebagaimana kita ketahui bahwa tujuan pendidikan tidak hanya membentuk peserta didik mempunyai keterampilan, akan tetapi  memiliki tugas dan tujuan membentuk peserta didik yang bermoral dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, agama dan bangsa, hal hal ini sesuai dengan apa yang tertuang dalam UUD pendidikan.

Akan sangat sulit tercapai apabila banyak pendidik yang tidak menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan kehidupan sehari-harinya, karena bagaimanapun pendidik memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didiknya. Contoh nyata yang bisa kita lihat hari ini, bagaimana perilaku generasi bangsa yang tidak menggambarkan seorang yang tidak memiliki etika, baik secara ideologi Pancasila maupun seorang yang beragama, tentunya semua hal tersebut adalah hasil dari sebuah pendidikan yang diperankan lansung oleh pendidik

*) Ketua DPC GMNI Pontianak