Gunakan Cik Kadir, Hendaknya Koordinasi

Gunakan Cik Kadir, Hendaknya Koordinasi

  Sabtu, 21 May 2016 09:09

Berita Terkait

SUKADANA – Bupati Kayong Utara Hildi Hamid meminta kepada instansi-instansi terkait, baik kabupaten, provinsi, hingga pusat, termasuk para kontraktor, agar berkoordinasi dalam penggunaan Pelabuhan Teluk Cik Kadir. Pesan tersebut dilontarkan Bupati saat memimpin Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana untuk Sail Selat Karimata 2016, Kamis (19/5) lalu, di Ruang Serbaguna Hotel Mahkota Kayong Sukadana.

Diingatkan Bupati jika pelabuhan ini menjadi satu-satunya pintu masuk pengangkut material pembangunan yang ada di ibukota Kabupaten Kayong Utara, yakni Sukadana. “Di satu sisi, Pelabuhan Teluk Cik Kadir ini bagian daripada lokasi acara puncak Sail Selat Karimata. Saya membayangkan begini, bagaimana menumpuknya kegiatan, karena banyaknya para kontraktor yang akan mendatangkan materialnya menggunakan Pelabuhan Teluk Cik Kadir,” papar Bupati.

Untuk itu, orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Kayong Utara ini berharap, kepada semua elemen yang akan menggunakan pelabuhan tersebut, bisa menginformasikan kepada pemerintah daerah terkait penggunaannya. Dengan demikian, harapan dia, pemerintah setempat bisa melakukan koordinasi dan informasi kepada Syahbandar, sebagai yang memiliki kewenangan terhadap pelabuhan tersebut.

Hildi menjelaskan keinginan tersebut agar lebih memudahkan pengaturan ketertiban dalam persoalan bongkar  material. Dia berharap agar jangan sampai tidak bisa dilakukan bongkar material, dikarenakan tinggi air laut tidak bisa mencukupi untuk kapal atau tongkang merapat. “Ini dilakukan supaya lebih terkoordinir, untuk lebih memudahkan agar para perusahaan dan kontraktor dalam mendatangkan material. Biarlah kami (Pemerintah Daerah, Red) yang mengurus perizinannya ke Syahbandar,” kata Hildi.

Bupati mengingatkan bahwa pelaksanaan Sail Selat Karimata akan dimulai pada 15 Oktober mendatang. Diakui dia, merupakan waktu yang tidak lama lagi bagi mereka untuk segera bersiap-siap. Berbagai hal pun dibicarakan dalam rapat yang diikuti Satuan Kerja Perangkat Daerah, para kontraktor, serta para kepala satuan. Mereka yang diikutseratkan dalam rapat tersebut diminta Bupati untuk memaparkan progres pembangunan yang sedang, telah, dan akan dilangsungkan, terutama di Kota Sukadana, menyongsong even akbar itu. (dan)

 

Berita Terkait