Gugus IX Paud: Tampil di Ajang Nasional

Gugus IX Paud: Tampil di Ajang Nasional

  Senin, 1 Agustus 2016 09:30
JUARA: Tim Panitia Lomba Gugus Paud Tingat Provinsi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat menyerahkan piagam dan piala juara I kepada Ketua Inti Gugus IX Paud Kota Singkawang, Dedeh Kartika. AIRIN//PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sejumlah kelompok kerja guru belum lama ini selesai menggelar perlombaan khusus gugus pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diikuti dari berbagai kabupaten/kota di tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

 
Hasil perlombaan tahun ini dimenangkan oleh Gugus IX Paud Kota Singkawang. Sebagai juara I di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Gugus IX PAUD Kota Singkawang rencananya akan mengikuti perlombaan dan tampil di ajang tingkat nasional.

“Perlombaan gugus PAUD di tingkat nasional tahun ini akan diwakili oleh Gugus IX Paud Kota Singkawang. Mereka akan mengikuti lomba pada 25 Agustus 2016 di Jakarta. Mudah-mudahan gugus IX Paud Kota Singkawang mendapat juara di tingkat nasional. Sehingga bisa membawa harum Kalimantan Barat dan khususnya Kota Singkawang,” ucap Kabid PNR Dinas Pendidikan Kota Singkawang Edy Mustari, kemarin (30/7) kepada media ini.

Edy Mustari mengatakan dalam meraih kesusksesan membangun dunia pendidikan anak usia dini diperlukan adanya kerjasama dalam lembaga itu sendiri. Yakni antara pimpinan lembaga dengan para guru, antara guru dengan orangtua murid, lembaga dengan masyarakat dan lembaga dengan pemerintah daerah baik di Dinas Pendidikan maupun Kementerian Agama di bidang pendidikan.

Ia menuturkan apabila kerjasama dalam lembaga sudah terjalin dengan baik, maka cita-cita yang ada dalam lembaga pendidikan anak usia dini akan lebih mudah tercapai. Berbagai prestasi akan mudah diraih mulai kelompok kerja guru sampai dengan anak didik dari lembaga pendidikan anak usia dini yang ada di Kota Singkawang maupun di Kalimantan Barat.

“Selain kerjasama antara lembaga, satu sama lain saling mengisi agar sama-sama maju dan berkembang untuk dunia pendidikan. Selain itu pengawasan juga dibutuhkan supaya tercipta pembinaan yang efektif dalam pendidikan anak usia dini,” ungkapnya didampingi Tim Lomba Gugus PAUD Tingkat Provinsi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat.

Di tempat bersamaan Ketua Inti Gugus IX PAUD Kota Singkawang, Dedeh Kartika menambahkan kemenangan dalam perlombaan Gugus PAUD di Tingkat Provinsi Kalbar, tidak terlepas dari dukungan semua pihak antara lain para guru yang dengan giat memberikan pembinaan di lembaga pendidikan anak usia dini, pemerintah daerah, masyarakat dan para orantua murid di wilayah Kota Singkawang.

“Pada tahun 2015, Gugus IX PAUD Kota Singkawang hanya bisa meraih juara I tingkat kota dan juara II tingkat provinsi Kalbar. Alhamdulilah tahun 2016, berkat dukungan kelompok kerja guru pendidikan anak usia dini kita berhasil mewakili Kalimantan Barat untuk mengikuti lomba Gugus PAUD di tingkat nasional,” paparnya dengan rasa gembira.

Dedeh, menyampaikan kegembiraan yang dialami sekarang ini tidak akan bertahan lama. Dikarenakan rasa gembira tersebut akan segera berubah menjadi tantangan dan tanggungjawab bagi kelompok kerja guru di Gugus IX PAUD Kota Singkawang. Sebelum cita-cita dan harapan untuk mengharumkan nama Kalimantan Barat dan Kota Singkawang khususnya dapat terwujud dengan baik.

Ia mengungkapkan tantangan dalam lomba gugus paud tingkat nasional ini diterima sebagai tanggungjawab. Untuk itu dirinya meminta dukungan semua pihak agar Gugus IX PAUD Kota Singkawang bisa tampil di tingkat nasional dan mampu bersaing dari berbagai pemenang Gugus PAUD tingkat provinsi yang ada di Indonesia.

“Kami akan mencoba dengan sebaik-baiknya untuk memberikan yang terbaik dalam perlombaan Gugus PAUD di tingkat nasional. Oleh karena itu kami mohon doanya dari seluruh masyarakat Kota Singkawang. Dan mudah-mudahan gugus IX PAUD Kota Singkawang bisa menjadi juara,” harap Dedeh Kartika juga sebagai Kepala RA AL IKHLAS Kota Singkawang. (/PK)

Berita Terkait