Gugah Peran Masyarakat

Gugah Peran Masyarakat

  Senin, 11 April 2016 09:09
Hilaria Yusnani

Berita Terkait

KABUPATEN Kayong Utara beberapa waktu lalu sempat dirasuki Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang berkedok organisasi sosial. Organisasi kemasyarakatan tersebut kemudian diduga telah melaksanakan kegiatan-kegiatan di luar hukum dan norma yang berlaku di masyarakat, sehingga menimbulkan keresahan.

“Agar hal ini tidak terulang lagi, pemerintah mengharapkan peran serta masyarakat, khususnya ormas yang ada di Kayong Utara, untuk turut serta dalam pengawasan ormas-ormas yang menyimpang,” ujar sekretaris Daerah (Sekda) Kayong Utara, Hilaria Yusnani, ketika membuka Pembinaan Ormas, LSM, dan Organisasi Kepemudaan di Gedung Balai Praja Sukadana, Kamis (7/4). Dia juga meminta kepada seluruh ormas, LSM, dan organisasi kepemudaan yang ada di kabupaten ini, agar mengikuti aturan-aturan yang ada, serta norma-norma yang berlaku dan dapat membangun masyarakat. Termasuk, dimintakan dia, dapat menjadi jembatan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi serta pendapat dalam mewujudkan kesejahteraan di Kayong Utara.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara ini tak memungkiri jika dinamika pertumbuhan ormas yang sangat besar dalam berbagai jenis dan bentuk, semakin beragam luasnya bidang serta fungsi ormas. Termasuk, diakui dia bagaimana semakin tingginya frekuensi aktivitas di ruang publik. “Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan demokrasi di Indonesia semakin menunjukkan perkembangan yang positif,” kata dia.

Melalui kegiatan ini, Sekda mengharapkan agar terbangun rasa saling perhatian, percaya, saling terbuka, dan menghormati serta saling menyadari posisi dan peran masing-masing dalam mewujudkan cita-cita serta tujuan negara. “Melalui kegiatan pembinaan ormas, LSM, dan lembaga nirlaba lainnya ini, diharapkan dapat diperoleh masukan dalam rangka mengembangkan pola dan metode kemitraan ormas dengan lembaga non pemerintah  yang tepat, dalam rangka terciptanya ormas yang mandiri sehingga dapat berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan negara,” terangnya. (dan)

Berita Terkait