Gudang Plastik Terbakar

Gudang Plastik Terbakar

  Kamis, 13 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

PONTIANAK- Si jago merah kembali mengamuk, kali ini gudang plastik di Jalan Adi Sucipto, Pontianak Tenggara atau tak jauh dari gerbang batas kota Pontianak dan Kubu Raya yang terbakar, Rabu (12/10) pukul 09.45.

Gudang plastik yang berdekatan dengan pangkalan kayu tak dapat diselamatkan. Barang di dalam gudang yang mudah terbakar membuat kobaran api cepat membesar. Tak hanya gudang, kurang lebih empat unit mobil yang berada di lokasi juga ikut terbakar. 

Belasan mobil pemadam kebakaran yang datang langsung berusaha menjinakan api. Air dari sungai yang ada di lokasi digunakan dan disemprotkan ke bangunan yang terbuat dari kayu. 

Namun, upaya itu tak membuahkan hasil, api sudah lebih cepat menghanguskan bangunan beserta isinya. Meski demikian, petugas terus berusaha menjinakan api agar tak merambat ke bangunan yang berdekatan. Lebih satu jam proses pemadaman berlangsung hingga api benar-benar padam. 

Saksi mata, Teguh mengaku tak tahu pasti jam berapa kebakaran itu terjadi. “Saya sudah tidak sempat lihat jam, semuanya sudah kelabakan ada yang berlari menyelamatkan diri, ada yang datang ingin melihat,” kata pedagang minuman itu. 

Teguh menuturkan, yang ia ingat dari kejadian itu hanyalah api. Api yang dengan cepat membesar dan membakar seluruh bagian gudang yang lokasinya berdekatan dengan pemakaman. “Beberapa menit kobaran api muncul, kemudian berganti asap pekat hitam yang keluar,” ucapnya. 

Jika Teguh paniknya tak sempat melihat pukul berapa kebakaran itu, berbeda dengan yang dialami Yusruna. Saat api melahap gudang, ia langsung berlari dari rumah menuju lokasi untuk melihat api. 

“Dengar-dengar dari ada kebakaran, saya lalu keluar rumah liat api besar. Kaget, saya kira kapal bapak yang terbakar,” kata Yusruna. 

Ia mengaku langsung berlari menuju lokasi kebakaran dan sesampainya di TKP ternyata yang terbakar bukanlah kapal melainkan gudang. “Gudang penyimpanan plastik yang terbakar, saya kira kapal bapak saya,” ucapnya. 

Sementara itu, Kasi Sarana dan Peralatan Pemadam Kebakaran Kota Pontianak, Ridho Subagio menyatakan bahwa pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi di samping Makam Muslimin Jalan Adi Sucipto tersebut. 

“Informasinya masih belum pasti, ada yang bilang gudang plastik, gudang kayu. Ini masih kami dalami informasinya,” kata Ridho. 

Dugaan pemicu api muncul di gudang, lanjut dia, masih belum diketahui. “Yang jelas sekarang apinya sudah dapat dipadamkan, ini berkat kerja keras semua petugas pemadam baik dari pemerintah maupun swasta,” ucapnya. 

Kapolsekta Pontianak Selatan, AKP Ridho Hidayat mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. "Masih selidiki,” ucapnya. (adg)

Berita Terkait