Gudang CPO Terbakar

Gudang CPO Terbakar

  Kamis, 29 Oktober 2015 09:44
LUDES: Sebuah gudang CPO di Jalan Kapur, Desa Kapur, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalbar ludes terbakar, Rabu (28/10) siang. Puluhan satuan pemadam kebakaran Pemkot Pontianak dan swasta, harus bekerja keras memadamkan kobaran api minyak tersebut. MUJADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK- Sebuah gudang penyimpanan crude palm oil (CPO) di Desa Kapur RT 3/1 Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya ludes terbakar, Rabu (28/10) siang. Belum diketahui jelas apa penyebab kebakaran tersebut.Berdasarkan informasi yang dihimpun Pontianak Post, gudang CPO tersebut milik Suherman (58). Gudang yang terletak di belakang rumah mewah itu mengejutkan warga sekitar. Warga melihat kepulan asap hitam membubung tinggi dari sebuah gudang tempat penyimpanan CPO itu. Karena gudang berisi minyak CPO, api dengan cepat menghanguskan bangunan yang terbuat dari kayu ini. “‎Saya kaget ada asap hitam. Awalnya saya kira yang terbakar rumah. Setelah saya cek ternyata gudang CPO,” ungkap Endi, salah satu warga.

Ia tidak mengetahui dari mana asal api. Saat dirinya datang ke lokasi kebakaran, api sudah membesar dan membakar sebagain drum berisi limbah kelapa sawit tersebut. “Api sudah membesar. Saya tidak tahu dari mana asal api,” katanya. Warga yang melihat peristiwa tersebut berbondong-bondong mengerumuni di sekitar lokasi kebakaran. Sehingga menyebabkan jalan penghubung Kecamatan Pontianak Timur dengan Jalan Trans Kalimantan itu macet total. Bahkan mobil pemadam kebakaran yang hendak melintasi jalan tersebut harus terjebak macet. Namun beruntung api dapat dipadamkan setelah 30 menit, saat mobil Damkar tiba di lokasi.

Api berhasil menghanguskan sebagian bangunan dan puluhan drum berisi CPO di gudang tersebut. Selain drum berisi CPO, di dalam gudang terdapat sejumlah ban bekas dan kayu bakar. Kendati demikian, kobaran api tidak sempat merembet ke bangunan lainnya. Sementara anak dari pemilik gudang,  Deni (26), mengaku kaget saat melihat gudang milik ayahnya sudah hangus terbakar. Akibat kejadian ini, pemilik gudang mengaku mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Arianto membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang menimpa gudang penyimanan CPO tersebut. Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan gudang CPO tersebut. “Kami masih selidiki, apa penyebabnya,” katanya singkat. (arf)

Berita Terkait