Griezmann Top Skorer Sementara Euro 2016

Griezmann Top Skorer Sementara Euro 2016

  Sabtu, 9 July 2016 21:59
FOTO; UEFA

Berita Terkait

EURO 2016 tinggal menyisakan laga puncak. Jadwal final Euro 2016 antara Portugal vs Prancis adalah pada Minggu (10/7) malam waktu Prancis, atau Senin (11/7) dini hari WIB. Stade de France, Saint-Denis, akan menjadi venue partai final.

Sejak babak perempat final, waktu penyelenggaraan pertandingan Euro 2016 memang hanya satu setiap hari, yaitu pukul 02.00 WIB. 

Begitu pula dengan partai final yang akan disiarkan RCTI sejak upacara penutupan, pertandingan, hingga seremoni penyerahan medali dan trofi juara, serta penghargaan lain.

Pada laga puncak, wasit asal Ingris, Mark Clattenburg akan menjadi pengadil dan didampingi dua asisten, Simon Beck, Jake Collin, dan tambahan asisten Anthony Taylor serta Andre Marriner.

Wasit asal Hongaria, Viktor Kassai, akan bertindak sebagai ofisial keempat pada laga ini.

Segala persiapan sudah dilakukan Prancis guna menggelar laga final di Stade de France yang berkapasitas 80.000 tempat duduk. Tentunya termasuk closing ceremony yang diharap tak kalah meriah ketimbang upacara pembukaan.

Sampai saat ini, striker Prancis Antoine Griezmann masih memuncaki daftar sementara top skorer Euro 2016 dengan torehan 6 gol.

Griezmann bukan cuma mencetak gol terbanyak hingga babak semifinal Euro 2016. Dia juga tercatat paling efektif dibanding beberapa pesaingnya yang terpaut nyaris separuh jumlah golnya.

Bagaimana tidak, Griezmann mampu mencatat 6 gol dan 2 assists dengan hanya 435 menit berada di lapangan. Enam gol itu dilesakkan dari total 22 tembakan (12 on target). Jumlah waktu bermainnya pun lebih sedikit dari kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, yang mencatat 3 gol dan 3 assists dari 600 menit penampilan.

Selain Ronaldo, ada lima pemain lain yang juga sudah mengoleksi 3 gol, masing-masing Olivier Giroud (3 gol dan 2 assists), Dimitri Payet (3 gol dan 2 assists), Gareth Bale (3 gol dan 1 assist), Luis Nani (3 gol dan 1 assist), serta Alvaro Morata (3 gol).

Selain Griezmann dan Ronaldo yang masih berpeluang menambah gol pada partai final yang mempertemukan Portugal vs Prancis di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7) dini hari WIB, ada tiga pemain lain yang masih berpeluang mengejar.

Giroud dan Payet masih akan tampil bersama Prancis di laga puncak, pun Nani bersama Portugal. Sementara, Bale bersama Wales sudah tersingkir di babak semifinal oleh Portugal, pun Alvaro Morata yang bahkan sudah angkat koper sejak babak 16-besar.

Griezmann tentu paling berpeluang besar merebut status top skorer Euro 2016. Selain jumlah gol dan efektivitasnya, sejarah mencatat pemain yang sudah mencetak 5 gol atau lebih selalu keluar sebagai top skorer di turnamen Euro.

Lebih elok lagi jika Griezmann bisa menyandingkan gelar top skorer dan juga trofi juara Euro 2016 bersama Les Bleus. Bermain di rumah sendiri akan menjadi keuntungan mereka, seperti kala menjuarai Euro 1984.

Pada 1984, Prancis menjadi juara dengan Michel Platini keluar sebagai top skorer berkat torehan 9 gol. Jika Griezmann sukses mencatat hat-trick pada laga final Euro 2016, dia sekaligus menyamai prestasi Platini.  (ira/JPG)

 

 

 

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait