Granada vs Barcelona; Barca Tentukan Nasib Sendiri

Granada vs Barcelona; Barca Tentukan Nasib Sendiri

  Sabtu, 14 May 2016 14:53

Berita Terkait

GRANADA – Dua pemain Granada David Barral dan Isaac Cuenca tersenyum bungah. Kiriman sekotak koper hitam mereka dapatkan usai rampung latihan di Los Carmenes. Begitu bunyi 'klik' terdengar, tangan Barral langsung membuka koper hitam itu dan meraup uang di dalam koper. Sayang, lembar-lembar Euro di koper itu hanya duit palsu.

Itulah video yang diunggah Barral dan Cuenca menjelang jornada pamungkas La Liga. Malam ini (14/5) di Los Carmenes, El Grana, julukan Granada, kan menjamu Barcelona. Video berdurasi sekitar dua menitan tersebut seolah mengejek isu soal adanya sogokan dalam penentuan juara La Liga musim ini.

Ya, Granada memang akan menjadi 'hakim' pada musim ini. Dengan jarak Barca, nama lain Barcelona, dengan Real Madrid hanya satu poin, 88-87, maka hasil imbang atau kekalahan Barca akan membuar Madridista bersorak dan berpesta.

“Tak seorang pun dari Barca atau Real menelpon kami. Kami akan berusaha untuk menang atas Barca karena itu tugas profesional kami,” garansi Cuenca seperti diberitakan AS.Meski pemain 25 tahun itu adalah seorang cule. Cuenca pernah membela Barca selama empat musim. Namun Cuenca menegaskan malam ini (14/5) tak ada sang mantan di hatinya.

Granada disebut-sebut akan tampil ala kadarnya dan memberikan mahkota buat Barca dengan cuma-cuma. Sebab Granada memastikan diri terlepas dari jerat degradasi jornada ke-37 lalu melalui kemenangan 4-1 (8/5) atas Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan.

Presiden Granada Quique Pina seperti diberitakan ESPN kemarin (13/5) mengatakan menang atas Barca pasti menjadi impian semua klub Spanyol. Dalam histori pertemuan keduanya sebanyak sembilan kali, Granada hany pernah menang sekali. “Saya katakan kepada seluruh anggota tim untuk memainkan performa terbaik dan menang. Ini laga terakhir kami di kandang dan akan memberikan hiburan buat fans,” tutur Pina.

Menuju laga ini Granada kehilangan satu pemain karena cedera. Yakni Dimitri Foulquier. Dua nama yang diragukan bermain yakni Diego Mainz dan Isaac Success. Menghadapi Barcelona, tim dengan rata-rata ball possession tertinggi 62,9 persen, Granada hanya bisa mengandalkan counter attack. Versi Whoscored enam kali Granada musim ini mencetak gol lewat serangan balik.

Granada menjadi tim dengan kolektor terbanyak kartu kuning di La Liga. Yakni 129 kartu. Sedang jumlah kartu merahnya mencapai tujuh kartu. Sehingga laga ini memungkinkan menjadi partai keras. Seandainya mesin gol Barca macet karena kerasnya pertahanan Granada, maka mencetak gol lewat set piecebisa menjadi solusi. Musim ini Barca menghasilkan gol lewat set piece 16 kali.

Sementara dari kubu Barca, bintang tim Lionel Messi menuturkan tak seorang di Barca menginginkan Real menang. Rivalitas keduanya yang mendarah daging membuat seorang Messi pun akan senang jika Real kalah di perebutan La Liga dan Liga Champions musim ini. Seperti dalam wawancara dengan ESPN Messi mengakui seandainya Barca membuang banyak poin di April lalu. La Pulga, julukan Messi, menghitung ada sembilan poin hilang. Yakni kalah oleh Real Madrid (2/4), Real Sociedad (9/4), dan Valencia (17/4).

“Memenangi dua dari tiga tropi akan sangat menggembirakan buat kami. Kami akan mengeluarkan seluruh yang kami miliki buat memastikan gelar La Liga dan Copa del Rey,” kata Messi.        Menjelang laga ini, Barca kehilangan tiga pemain karena cedera. Yakni Sergi Samper, Claudio Bravo, dan Sandro Ramirez.

Sementara itu, kompatriot Messi di lini depan Luis Suarez seperti dikabarkan Marca kemarin lebih memilih gelar kolektif ketimbang individu. Artinya tropi La Liga lebih bermakna ketimbang predikat pichichi. Suarez memang di posisi terdepan dalam perburuan pemain tersubur di La Liga musim ini. Pemain 29 tahun tersebut sudah mengkoleksi 37 gol. Saingan terdekat Suarez musim ini adalah bintang Real Cristiano Ronaldo dengan 33 gol.

“Tujuan mencetak gol adalah membantu tim meraih kemenangan. Seperti yang saya dan Leo (Messi,red.) bicarakan kalau kami lebih senang menang La Liga daripada sekedar gelar top skor,” ujar Suarez. (dra)

Susunan pemain

Granada (4-4-2) : 13-Fernandez (g) ; 18-Lopes, 6-Babin (c), 24-Costa, 3-Biraghi ; 23-Rochina, 16-Doucoure, 20-Perez, 19-Cuenca ; 27-Penaranda, 9-El-Arabi

Pelatih : Jose Gonzalez

Barcelona (4-3-3) : 1-Stegen (g) ; 6-Alves, 14-Mascherano, 3-Pique, 18-Alba ; 8-Iniesta (c), 5-Busquets, 4-Rakitic ; 10-Messi, 9-Suarez, Neymar

Pelatih : Luis Enrique

Stadion : Los Carmenes, Granada

Wasit : Alejandro José Hernández Hernández

Live :RCTI/Fight Sport pukul 22.00 WIB

Berita Terkait