Goresan Tinta Emas di Pertandingan Romania vs Albania

Goresan Tinta Emas di Pertandingan Romania vs Albania

  Senin, 20 June 2016 10:50
FOTO; UEFA

Berita Terkait

TIM debutan di pentas Euro, Albania, sukses menggoreskan tinta emas dalam buku sejarah turnamen empat tahunan di benua biru.

Skuat asuhan pelatih Gianni De Biasi itu sukses mewujudkan dongeng indah di Euro 2016 dengan mencatat kemenangan perdana saat mengalahkan Romania 1-0 di Stade de Lyon, Senin (20/6) dini hari WIB.

Sejarah itu dicatat melalui gol semata wayang yang dicetak Armando Sadiku saat babak pertama tersisa dua menit lagi.

Kemenangan itu membawa Albania menempati peringkat ketiga Grup A dengan koleksi 3 poin. Mereka unggul atas Romania yang pasti tersisih dengan hanya mengoleksi 1 angka.

Meski peluang lolos ke babak 16-besar terbilang tipis, karena hanya memiliki selisih gol -2, tapi Albania tetap boleh berbangga hati berkat catatan sejarah ini.

Berikut daftar rekor yang tercipta di laga Romania vs Albania:

Bagi Albania, skor 1-0 melawan Romania sekaligus menjadi kemenangan perdana mereka di Euro dan turnamen besar.
Ini menjadi kemenangan perdana Albania dari 9 pertemuan dengan Romania di laga kompetitif (1 menang, 2 seri, 6 kalah)
Romania juga menelan kekalahan perdana dari Albania sejak Mei 1948. Sebelumnya, mereka mencatat 10 menang dan 3 seri dari 13 pertemuan.
Armando Sadiku sudah melesakkan enam gol di pentas internasional.
Romania melepas 14 tembakan dari luar kotak penalti di laga melawan Albania. Hanya Portugal saat melawan Islandia (15 tembakan) yang lebih banyak pada laga di Euro 2016.
Romania hanya berhasil mencatat satu clean-sheet dari 16 laga mereka di putaran final Euro (0-0 vs Prancis di Euro 2008).
Romania tereliminasi dari fase grup Euro untuk keempat kali dari lima partisipasi (1984, 1996, 2008, dan 2016).
Ledian Memushaj menciptakan 7 peluang di laga melawan Romania. Hanya Dimitri Payet (8) kala Prancis bertemu Romania, yang lebih banyak di Euro 2016.(ira/JPG)

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait