Gol Bunuh Diri Antarkan Wales Melaju 16 Besar

Gol Bunuh Diri Antarkan Wales Melaju 16 Besar

  Minggu, 26 June 2016 03:40
FOTO; EURO

Berita Terkait

WALES melanjutkan mimpi mereka di Euro 2016 setelah berhasil mengalahkan Irlandia Utara dengan sangat tipis 1-0, Sabtu (25/6), Parc de Princes.

Gol bunuh diri menjadi penyelamat Wales dan membawa mereka ke perempat final. Di sana, Wales akan menghadapi pemenang antara Belgia atau Hongaria.

Permainan kedua tim terbilang cukup ketat. Keduanya tim terlihat sangat sulit mengembangkan permainan.

Pada sekitar menit 20-an, Aaron Ramsey sebenarnya berhasil membobol gawang Irlandia Utara, tapi dianulir karena terlebih dulu offside.

Wales terlihat tidak leluasa bermain karena Irlandia Utara memperlihatkan permawanan yang cukup luar biasa.

Permainan lebih banyak berkutat di lini tengah dan hampir tak ada peluang bersih yang terjadi pada babak pertama.

Pada babak kedua, permainan mulai sedikit terbuka. Menariknya, Irlandia Utara yang terlihat lebih percaya diri.

Beberapa kali mereka mampu mencapai kotak penalti Wales bahkan dua kali membuat tembakan yang harus ditepis Wayne Hennessey.

Namun, peluang paling matang terjadi pada menit ke-65.

Adalah Gareth Bale yang nyaris membuat gol dari tendangan bebas ketiganya di turnamen Euro 2016. Sayang, tembakan akurat sang pemain masih bisa ditepis Michael McGovern.

Namun, aksi Bale akhirnya berbuah hasil pada menit ke-75. Umpan tarik tajam sang pemain memaksa bek Irlandia Utara, Gareth McAuley salah mengantisipasi dan mencetak gol bunuh diri.

Hal ini memaksa Irlandia Utara akhirnya bermain sangat terbuka dan mencoba beberapa kali serangan frontal. Namun, pertahanan Wales ternyata cukup baik hingga skor 1-0 menjadi hasil akhir laga.

Pelatih Wales, Chris Coleman, tak peduli dengan timnya yang bermain buruk kala melawan Irlandia Utara di babak 16-besar Euro 2016. Terpenting, kata dia adalah Wales sukses melaju ke babak perempat final.

Pada pertandingan tersebut, Gareth Bale cs sebenarnya tampil kurang maksimal. Mereka terlihat cukup sulit menembus pertahanan Irlandia Utara.

Bahkan, sebuah rekor mencatat Wales jadi tim pertama yang memenangkan pertandingan fase gugur Euro hanya dengan 1 tembakan pada target. Gol mereka juga tercipta karena bunuh diri Gareth McAuley.

"Saya lebih suka berdiri di sini, di perempat final, daripada harus pulang setelah bermain lebih baik. Kami tak peduli main buruk. Kredit untuk Irlandia Utara, mereka tim yang lebih baik di sini," tutur Chris Coleman dikutip laman resmi UEFA.

Coleman mengesampingkan hal tersebut dan lebih pilih memuji perjuangan Gareth Bale da rekan-rekan. Menurutnya, Wales berjuang pantang menyerah dalam pertandingan ini.

"Irlandia Utara memang lebih baik dari kami. Namun, kami menunjukkan banyak keberanian. Pemain tak pernah menyerah, mereka bertahan dengan baik," ungkap dia.

Bintang Wales, Gareth Bale, diganjar menjadi Man of The Match kala negaranya bertarung melawan Irlandia Utara. Dia merendah dan menyatakan terpenting adalah membawa Wales ke fase perempat final.

Permainan Bales memang cukup impresif dalam laga tersebut. Beberapa kali, pemain Real Madrid ini mengancam gawang Irlandia Utara.

Akan tetapi, dia malah tak sama sekali mencatatkan tembakan ke gawang. Hal ini diakuinya karena Irlandia Utara bermain cukup baik.

"Saya tak bisa bicara banyak. Kami tahu, ini akan menjadi pertandingan yang buruk. Irlandia Utara membuat pertandingan sangat sulit," kata Bale dikutip laman resmi UEFA.

Bale melanjutkan, penghargaan pemain terbaik dalam laga ini untuk Wales. Karena rekan-rekannya itu sudah bertarung bersama-sama sampai lolos ke 8-besar.

"Yang penting kami lolos. Irlandia Utara membuat kami kesulitan. Tak banyak ruang yang diciptakan. Namun, yang penting kami bisa cetak gol dan lolos," ujar dia merendah.

Pada perempat final nanti, Bale dan rekan-rekan bakal menghadapi Hongaria atau Belgia. Calon lawannya itu bakal ditentukan pada Minggu (27/6) nanti. (rap/ies/jpg)

Susunan Pemain

Wales (3-5-1-1): Hennessey; Davies, Williams, Chester; Taylor, Ramsey, Ledley (Williams 63'), Allen, Gunter; Bale; Vokes (Robson-Kanu)

Irlandia Utara (4-5-1): McGovern; Evans, Catchart, McAuley (Magennis 83'), Hughes; Dallas, Davis, Norwood (McGinn 79'), Evans, Ward (Washington 69'); Lafferty

 

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait