Giliran Pangdam ke Sukadana

Giliran Pangdam ke Sukadana

  Senin, 10 Oktober 2016 08:40

Berita Terkait

SUKADANA – Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa didampingi Komandan Korem (Danrem) 121/ABW Brigjen TNI Widodo Iryansyah bertandang ke Sukadana, kemarin (9/10) pagi. Kedatangan dua jenderal Angkatan Darat (AD) tersebut dalam rangka persiapan pengamanan menjelang pelaksanaan Sail Selat Karimata, dengan didampingi sejumlah pejabat penting dari Kodam XII/Tanjungpura.

Pangdam beserta rombongan yang tiba dengan menggunakan helikopter milik  TNI AD, disambut langsung Bupati Hildi Hamid dan Wakil Bupati Idrus. Selanjutnya jenderal bintang dua tersebut melakukan peninjauan seluruh tempat yang akan menjadi lokasi pusat kegiatan Sail Selat Karimata di Pantai Pulau Datok.

Terkait hal ini, Pangdam menjelaskan bahwa untuk persiapan perhelatan Sail Selat Karimata, tentunya melibatkan berbagai institusi. Dalam kesempatan tersebut, dia mengungkapkan rencana pengaturan arus lalu lintas pada 12 Oktober mendatang, sesuai dengan hari H perhelatan Sail Selat Karimata. “Kita akan berlakukan sistem pengaturan lalu lintas sesuai dengan hari H dan itu tidak mudah. Artinya masyakat harus mulai mengetahui, jangan sampai kalau kita berlakukan pada hari H doang, nanti mereka (masyarakat, Red) terkaget-kaget. Karena apa? Barusan saja sudah terjadi (kemarin, Red). Padahal masyarakat baru sedikit, tidak ada undangan segala macem, sudah macet yang cukup luar biasa (di Pantai Paulau Datok), sehingga hari Rabu (12/10) akan kita berlakukan. Tetapi dengan melibatkan seluruh perangkat. Kita tutup itu kan juga ada konsekusensinya. Nanti juga adanya ojek. Ojek yang akan membantu mengantar orang-orang ke sini (Pantai, Red),” terangnya saat diwawancarai di Pantai Pulau Datok, usai melakukan peninjauan.

Selain itu, pada saat meninjau lokasi, dia juga menyarankan sejumlah perbaikan. Dia memisalkan keberadaan pedagang-pedagang kecil yang berjulan, kemudian terdapat tenda-tenda pengamanan, di mana nantinya akan dipindah. Dia berharap agar pada saat para tamu undangan dan Presiden Joko Widodo nanti hadir, yang terlihat hanya manusia saja. “Banyak perbaikan-perbaikan pedagang. Misal ada tenda-tenda pengamanan bukan yang disusun oleh event organizer (EO), dan itu kita pindah semua. Karena masih ada itu tenda hijau di situ, (tenda) hijau kita pindahkan semua kebelakang. Sehingga yang saya inginkan, Presiden dan para tamu undangan lainnya hadir hanya manusia saja yang dilihatnya. Dan tenda yang disiapka oleh EO. Itu saja,” ungkapnya.

Mengenai sejumlah titik yang akan dikunjungi Presiden yang terkadang dilakukan oleh kepala negara secara dadakan, pihaknya pun telah mengantisipasinya. “Kalau mengenai titik yang akan dikunjungi Bapak Presiden, kita sudah mengantisipasi. Mengenai keputusan di mana lokasi kunjungan, Pak Bupati (Hildi Hamid) nanti akan rapat di Sekeretariat Presiden di Jakarta. Tetapi juga, berdasarkan pengalaman saya pribadi, kita tidak bisa mempedomani 100 persen recana yang sudah dibuat. Dan memang kita harus siap alternatif. Misalnya kalu Beliau (Presiden, Red) ingin melihat mendadak. Itu kita harus siap,” terang mantan Komandan Paspampres tersebut.

Untuk persentasi kesiapan perhelatan Sail Selat Karimata, dipastikan dia sudah mencapai 80 persen. Selain itu, sambung dia, untuk persiapan keberangkatan personel yang akan diberangkatan, akan melakukan apel di Markas Kodam di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, hari ini (10/10). “Itu yang harus fiks besok (hari ini, Red) saat rapat koordiasi bersama diserpres. Jadi besok (hari ini, Red) akan apel pemberangkatan di Kodam. Semua Polri, Angkatan Laut, Angkatan Darat, Angkatan Udara, semua berangkat dari Kodam menuju Sukadana, Kayong Utara. Ada yang lewat darat, ada yang lewat feri. Karena feri hanya tiga. Mugkin ada yang lewat darat baru akan tiba di Kayong Utara pada Selasa (11/10) dini hari. Pada hari Selasa mulai masuk dan tidak ada lagi yang kumpul, sudah langsung ke titik masing-masing, sesuai pembagian. Selanjutnya Selasa mulai orientasi mulai gelar. Dan pada hari Rabu (12/10) mulai akan cek dengan simulasi-simulasi,” terangnya.

Terkait Perhelatan Sail Selat Karimata, dirinya mengimbau kepada msyarakat agar dapat sesering mungkin mengunjungi lokasi yang akan menjadi puncak acara, Pantai Pulau Datok. Tujuannya, menurut dia, agar mereka tidak terkejut dengan melihat bergai perubahan yang ada di lokasi. Selian itu, untuk jumlah personel yang akan melakukan pengamanan, dipastikan dia, semua telah siap.

“Kita ingin, puncak Sail Selat Karimata ini memang menumbuhkan kegairahan di kalangan masyarakat, yang lebih penting nggak harus dari luar sini. Dan itu yang diharapkan. Karena untuk perekonomian di Sukadana ini memang harus meningkat. Dengan banyaknya orang datang dari luar Sukadana. Jadi kami imbau kepada masyaralat mulai besok (hari ini, Red), Selasa (besok, Red), dan Rabu (lusa, Red). Sehingga pada hari H sangat meriah. Selain itu, mengenai jumlah personel kami sudah fixed (sebanyak) 2.958 (orang). Memang rencana awal itu 3.230-an itu sudah dengan empat angkatan, termaksud dari Sat Pol PP. Apabila mungkin Polri menambah personel, paling beda-beda dikit,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait