Giliran Kodam XII Sambangi Sukadana

Giliran Kodam XII Sambangi Sukadana

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:10
TINJAU LAPANGAN: Bupati Kayong Utara Hildi Hamid saat memberikan penjelasan kepada Asisten Operasi Kodam XII/Tanjungpura Kol Inf M Muchidin di lokasi pusat kegiatan Sail Selat Karimata, kemarin. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Utusan Kodam XII/Tanjungpura menyambangi Sukadana, kemarin (5/8), untuk mempelajari di mana saja pengamanan akan dilakukan mereka saat kegiatan Sail Selat Karimata kelak. Sebagaimana diketahui, Pantai Pulau Datok Sukadana pada 15 Oktober mendatang akan menjadi lokasi puncak perhelatan akbar tersebut.

 
Mengenai hal ini, asisten Operasi Kodam XII/Tanjungpura, Kol Inf M Muchidin, menjelaskan bahwa tujuan mereka berada di Sukadana, guna melihat lokasi di mana nantinya penempatan pasukan dan gelar pasukan pada Sail nanti. Mereka hendak mengetahui secara persis, berapa jumlah kekuatan personel yang akan dikerahkan.

“Setelah kami lihat di lokasi dengan pembangunan yang masih berlangsung sudah cukup baik. Dan untuk pembangunan sendiri berdasarkan informasi Bappeda diharapkan dapat terselesaikan pada Bulan September, sehingga nanti penunjuan akhir sudah dapat melihat langsung dan kami pun dapat gelar pasukan,” terangnya.

Sementara itu, dari segi keamanana, diakui dia jika wilayah Kayong Utara ini masih tergolong aman dan tidak ada permasalahan. Namun, dia juga mengingatkan, karena pada kegiatan Sail nanti akan dihadiri Presiden Joko Widodo, tentunya mereka akan tetap melaksanakan prosedur pengamanan yang berlaku. “Setiap di mana Presiden akan mengunjungi suatu daerah, prosedurnya tetap sama seperti ini, sehingga harus mengetahui bagaimana kondisi daerahnya. Rutenya juga harus kita lihat. Namun kita tetap memberikan keamanan yang terbaik baik,” sambungnya.

Untuk jumlah personel, menurut dia, tidak menutup kemugkinan  adanya penambahan. Selain itu, dia juga tak memungkiri jika Pangdam XII sendiri akan melihat langsung lokasi ini, sebelum kegiatan dilaksanakan. “Tidak hanya dari kita saja pengamanan, di hari yang sama juga ada dari Polda yang melakukan peninjauan terhadap lokasi. Karena ini perhatian dari kita semua. Untuk melakukan pengamanan yang akan dihadiri Presiden,” jelasnya, yang turut didampingi Letkol Inf Evan, was Intel.

Terkait hal ini pun, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk dapat turut mendukung kegiatan tersebut. Salah satu contoh, dia meminta agar dalam berkendaraan dapat dengan tertib dan juga menjaga kebersihan lingkungan. Karena, diingatkan dia bahwa daerah ini akan kedatangan tamu, sehingga warga diminta untuk mampu memberikan kesan yang baik pada tamu yang akan hadir nantinya.

Sementara itu, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid mengatakan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk peninjauan, terkait pengamanan yang akan dilakukan oleh pihak TNI. Dia juga menambahkan bahwa kedatangan mereka sekaligus untuk melihat di mana saja nanti Presiden akan berada selama kegiatan.

“TNI melakukan peninjuan terkait persiapan untuk pengamanan saat Sail Selat Karimata, termasuk melihat beberapa tempat yang akan menjadi lokasi landasan helipad sebagai penunjang kegiatan. Sebelaumnya juga dari TNI AL juga telah melakukan peninjuan kedalaman Pantai Pulau Datok. Dan hasilnya untuk kapal perang hanya dapat berlabuh 1 mil dari pantai,” jelas Bupati. (dan)

Berita Terkait