Giliran 20 Peselancar Eropa dan AS Coba Taklukan Ombak Bono

Giliran 20 Peselancar Eropa dan AS Coba Taklukan Ombak Bono

  Jumat, 1 April 2016 15:41

Berita Terkait

SETELAH tiga peselancar Australia memecahkan rekor berselancara di Ombak Bono, dan tercatat dalam Guiness Book of World Record, giliran 20 peselancar AS dan Eropa mencoba melakukan hal serupa.

Rombongan, yang dipimpin Anton Nicholas, akan datang ke Desa Teluk Meranti, Pelalawan, Riau, dan mencoba menaklukan The Bono Seven Ghosts -- julukan untuk Ombak Bono. Nicholas adalah peselancar kelas dunia yang sukses menaklukan beragam ombak di sekujur dunia.

Bono The Seven Ghosts mengacu pada gelombang tujuh tingkat di Sungai Kampar. Ini terjadi karena Sungai Kampar bisa menghasilkan 21 gelombang secara bersamaan.

Tidak mudah menaklukan ombak tujuh lapis di atas papan surfing. Inilah yang membuat James Cotton, peselancar Australia, tertantang melakukannya pada 9 sampai 12 Maret 2016.

Cotton berhasil. Ia berdiri di atas papan surfing selama 1,2 jam, dan meluncur sejauh 17,2 kilometer. Bersama Roger Gamble dan Zig van Sluys, Cotton memecahkan rekor dunia dengan total jarak luncur 37,2 kilometer dalam waktu satu jam lima menit.

"Tantangan ini tidak bisa dijumpai di tempat lain," kata Zulkifli, kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Pelalawan.

Menurut Zulkifli, memang hanya 20 peselancar yang akan mengarungi Ombak Bono. Namun, lanjutnya, mereka membawa penggemar yang sangat banyak.

"Saya bisa pastikan hotel akan penuh," ujar Fahmizal Usman, kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi Riau.**

Berita Terkait