Gigi Geraham Keropos

Gigi Geraham Keropos

  Minggu, 21 February 2016 07:25

Berita Terkait

Tanya:

Dokter geraham saya tinggal sebelah kiri yang bisa dipakai itupun sudah hampir keropos, apa bisa ditambal atau pasang gigi palsu? Saya takut kalau tidak punya gigi geraham nanti saya mengunyah pakai apa? Saya takut ke dokter gigi?

 

 

Jawab:

Maksudnya tinggal sebelah kiri yang ada? Yang kanan sudah tidak ada sama sekali? Gigi geraham bagian mana, atas atau bawah? Jumlah gigi manusia dewasa itu totalnya 32 buah, dengan jumlah termasuk geraham ada 12 buah (atas 6 buah, bawah 6 buah). Kalau memang jumlah geraham hilang semua dan itu membuat kesulitan dalam mengunyah maka untuk membantunya disarankan menggunakan gigi palsu atau gigi tiruan.

Selain itu juga kehilangan gigi akan membuat daerah yang tidak bergigi akan resorbsi maksudnya akan terjadi penurunan dari kualitas tulang rahang, makanya orang-orang yang tidak bergigi akan terlihat jadi kendur otot-otot di dalam mulutnya juga di sekitar wajah maka akan terlihat peyot deh (contoh kasus orang tua yang sudah tidak bergigi pasti terlihat peyot).

Kalau memang gigi itu keropos dan masih bisa dirawat dengan perawatan penambalan ataupun dibuatkan mahkota gigi dengan bahan yang cukup kuat untuk mengunyah, tentu ini lebih baik segera dilakukan perawatan. Jadi saran saya, dicek lagi tinggal berapa gigi gerahamnya dan lebih baik lagi segera konsultasikan/datang ke dokter gigi terdekat untuk segera diperiksa dan ditangani.

Kalau takut ke dokter gigi? Memangnya dokter giginya serem ya? Bagaimana kalau dokter giginya cantik atau ganteng? Masih takut? Kalau hanya kehilangan 1 atau 2 gigi sih memang sebaiknya dibuatkan gigi palsu untuk mendukung daya kunyah saat mengunyah makanan.

Tetapi tergantung juga kasus kehilangan giginya, kalau masih 1 gigi atau 2 gigi yang hilang dan masih ada cukup 1 gigi yang kuat untuk penyangga bisa dibuatkan mahkota gigi tambahan atau dengan istilah crown and bridge yaitu gigi palsu yg hanya mengganti 1 atau 2 gigi saja.

Bahannya pun bisa dibuatkan dari banyak jenis, mulai dari logam stainless steel hingga berbahan porselen sehingga bahan ini akan sama/sesuai dengan gigi. (*)

Berita Terkait