Gigi Berlubang Waktu Lama

Gigi Berlubang Waktu Lama

  Minggu, 13 March 2016 08:19

Berita Terkait

KONSULTASI GIGI

Tanya:

Dokter jika membiarkan gigi berlubang dalam waktu lama ada efek yang buruk atau tidak? Benarkah ada yang bilang katanya penyakit juga bisa disebabkan karena pengaruh gigi berlubang?

Jawab:

Gigi berlubang kalau dibiarkan lama bisa menyebabkan banyak hal:
(1) Gigi jadi nonvital disebut juga gigi menjadi mati sehingga gigi tidak berfungsi dengan baik. (2) Gusi tempat melekatnya gigi menjadi busuk disebut juga abses dimana ada nanah (kumpulan kuman) di dalam gusi. (3) Bila pertahanan tubuh baik dimana gigi dan jaringannya tidak menjadi busuk tetapi akan timbul jaringan/regenerasi sel-sel gigi dan jaringan pendukungnya  yang tidak sempurna atau disebut juga dengan istilah gangren.

(4) Jika sudah gangren ini tidak dicabut atau tidak di buang maka bisa menjadi tumor bahkan akan terjadi keganasan tumor. (5) Bila tidak menmbulkan terjadinya gangren, bisa terjadi pertumbuhan jaringan gusi berlebih disebut juga pulpa polip yang bentuknya seperti daging normal.

Ini beberapa hal kemungkinan bila membiarkan gigi berlubang, apalagi bila  disertai oral hyegene (maksudnya menjaga kebersihan gigi dan mulut) yang buruk. Memang sih proses terjadi ini semua membutuhkan waktu yg tidak cepat tetapi yang pasti dijamin bila semakin dibiarkan akan seperti di atas.

Disamping itu ada beberapa penyakit tubuh yang bisa disebabkan juga karena gigi berlubang ini disebutnya dengan istilah fokal infeksi. Penyakit timbul karena peranan gigi berlubang yang dapat menyebarkan bakteri patogen (pembuat penyakit) kedalam tubuh.  Misalnya: endokarditis (peradangan katup jantung) terjadi karena bakteri dari rongga mulut masuk melewati pembuluh darah yang berasal dari gigi yg berlubang yang mengandung kuman. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Semoga bisa menjawab pertanyaan, terima kasih. (*)

Berita Terkait