Gerindra Buka Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota Singkawang

Gerindra Buka Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota Singkawang

  Rabu, 13 April 2016 10:11
Foto: Ketua DPC Gerindra Kota Singkawang Tasman, Seketaris DPC Gerindra Kota Singkawang Hendri Nazirin, Ketua PAC Gerindra di lima kecamatan yakni Victorianus, Dido Sanjaya, Herwandi, Kartila, Erwin bersama Tim Penjaringan balon walikota dan wakil walikota Singkawang, Ketua Tim Hendri, Seketaris Herwandi, Bendahara Fery, anggota tim Samsul, Erwin, Robi Sanjaya, Sony, Rita. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG--Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Singkawang membuka penjaringan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Singkawang mulai tanggal 14 April hingga 19 April 2016. Waktu pendaftaran mulai pukul 09.00 wib hingga pukul 15.00 wib, sedangkan waktu pengembalian berkas pendaftaran mulai 20-26 April 2016 saat jam kerja. Dimana pendaftaran dan pengembalian berkas dipusatkan di seketariat DPC Partai Gerindra Kota Singkawang.

 “Kami mengundang putra putri terbaik bangsa khususnya Kota Singkawang untuk mendaftarkan diri sebagai walikota/wakil walikota Singkawang, ini sekaligus pengumuman dan undangan terbuka baik kader Gerindra, pengurus partai, non kader maupun masyarakat,” ungkap Ketua DPC Gerindra Kota Singkawang Tasman kepada sejumlah media saat menggelar konprensi Pers di Seketariat DPC Partai Gerindra Kota JL Perwira Sekip Lama, Singkawang Tengah Selasa (12/4) kemarin.

Seketaris DPC Gerindra Singkawang Hendri Nazirin, Ketua PAC Gerindra di lima kecamatan yakni Victorianus, Dido Sanjaya, Herwandi, Kartila, Erwin. Sedangkan untuk Tim Penjaringan ada Ketua Tim Hendri, Seketaris Herwandi, Bendahara Fery, anggota tim Samsul, Erwin, Robi Sanjaya, Sony, Rita

Hal ini sebagai langkah DPC Partai Gerindra Kota Singkawang untuk ikut serta sebagai partisipan dalam Pilkada serentak pada Februari 2017 mendatang. Pembukaan pendaftaran penjaringan dan penyaringan bakal calon ini, kata dia, dikarenakan memang sudah memasuki tahapannya yakni di bulan april, sekaligus jawaban berbagai pertanyaan di masyasrakat

“Memang sesuai prosedur tahapannya bulan April baru dibuka pendaftaran penjaringan dan tahapan penyaringan bakal calon walikota dan wakil wali kota, ini sekaligus semua pengumuman DPC Gerindra terbuka bagi siapa yang ingin mendaftar, dan ini bukti kita tidak menutup diri ,” katanya.

Siapapun dipersilakan untuk mendaftar, Partai berlambang kepala burung garuda ini tidak membatasi. Dimana sesuai petunjuk DPP Gerindra bahwa salah satu syarat balon minimal berpendidikan SMA sederajat, tidak terlibat narkoba. Selain itu balon yang mendaftar haruslah membuat visi dan misi dan sanggup menjalani mekanisme yang diatur partai. “Mulai ikut wawancara terkait visi dan misi, dan survey terhadap balon terkait elektabilitasnya,” katanya. Setelah itu barulah keluar rekomendasi siapa-siapa saja yang layak dan penentuan terakhirnya ada di DPP Gerindra di Jakarta. “Gerindra menginginkan seorang pemimpin yang terbaik diantara yang baik. Dan saya yakin, sebagaimana calon yang akan maju sebagai Walikota dan Wakil Walikota ini pastilah putra-putra terbaik. Namun, yang kita inginkan adalah orang yang terbaik diantara yang baik dan potensi untuk menang," katanya.

Terkait koalisi tentunya, kata Tasma, Partai Gerindra Kota Singkawang sadar bahwa nantinya dalam pengusungan calon walikota dan wakil walikota tidak bisa sendiri melainkan harus berkoalisi. Dengan hanya memiliki 3 kursi, sedangkan syarat pengusungan calon walikota dan wakil walikota butuh 6 kursi di DPRD, maka DPC Gerindra siap berkoalisi dengan partai lain. “Ibarat kendaraan, modal kita sudah ada ban depannya ada tapi belum memiliki ban belakang. Modal 50 persen atau setengah kursi dari syarat 6 kursi yang bisa untuk berkoalisi dengan partai lainya,” katanya. Bahkan ia sendiri Ketua DPC Gerindra siap dibutuhkan partai jika memang elektabilitas dirinya tinggi. “Saya mendaftar dan siap calon jika partai memang membutuhkan itu,” katanya. Hal senada juga diungkapkan dua anggota DPRD Kota Singkawang Dido Sanjaya dan Victorianus.

Sementara itu, Ketua PAC Gerindra Singkawang Barat, Dido Sanjaya mengatakan siapun bakal calon yang mendaftar harus siap untuk menjadi Walikota atau siap menjadi wakil walikota, atau kedua-duanya. Selain itu pembukaan ini sekaligus menepias isu bahwa Gerindra sudah miliki salah satu kandidat. “Namun isu itu terbantahkan dengan pembukaan penjaringan dan penyaringan ini karena penentuan calon walikota dan wakil walikota tetap menggunakan mekanisme partai,” katanya. Berkait koalisi, kata dia, Gerindra sampai saat ini sudah melakukan komunikasi semua parpol seperti PKS, PKB, PKPI, PAN, Golkar,Hanura, Nasdem. “Ini sebatas komunikasi saja dan kearah koalisi biar saja seperti air mengalir, jadi belum ada kearah itu,” katanya. (har)

 

Berita Terkait