Generasi Muda Tionghoa Ramaikan Pentas Pilwako Pontianak, Ini Dia Figurnya

Generasi Muda Tionghoa Ramaikan Pentas Pilwako Pontianak, Ini Dia Figurnya

  Sabtu, 8 Oktober 2016 05:37
Sugioto SH yang biasa disapa Rico.

Berita Terkait

PONTIANAK—Pemilihan Walikota Pontianak akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang. Memang masih lama, dua tahun lagi, namun sejumlah nama mulai digadang-gadang untuk maju. Tebar pesona juga telah dimulai. Ada yang secara terang-terangan baik melalui media cetak maupun media sosial, namun tak sedikit masih menunggu.

Generasi Muda Tionghoa tak pernah luput dalam pemilihan Walikota Pontianak. Baik sebagai calon walikota maupun wakil walikota. Memang mereka gagal dalam bertarung, tetapi tak mematikan semangat untuk tampil dalam event lima tahunan ini. Di daerah lain toh mereka ada yang berhasil. Seperti Hasan Karman yang sukses menjadi Walikota Singkawang atau Christiandy Sanjaya, Wagub Kalbar saat ini.

Bagaimana dengan tahun 2018 mendatang? Pemilihan Walikota Pontianak akan dilakukan secara bersamaan dengan pemilihan Bupati Mempawah, Sanggau, Kayong Utara, Kubu Raya dan Gubernur Kalbar. Peluang generasi muda Tionghoa tetap terbuka. Salah satunya Sugioto SH.

Nama Sugioto SH memang agak asing kedengarannya bagi warga Tionghoa Pontianak. Namun bila nama panggilannya disebut banyak diantara mereka yang tahu. Rico nama akrabnya. Pengusaha muda yang telah malang melintang di tanah air ini siap meramaikan bursa Pilwako Pontianak pada tahun 2018 nanti. “Kalau didukung teman-teman saya siap maju,” ujar Rico.

Pengurus Yayasan Bhakti Suci ini memiliki pengalaman dan pergaulan yang luas. Tak saja dikalangan Tionghoa. Kedekatannya dengan warga tokoh masyarakat, generasi muda dan sejumlah komunitas juga tak diragukan lagi. Rico selama ini selalu ditunjuk menjadi ketua panitia event-event besar Tionghoa seperti perayaan Cap Go Meh dan aktivitas lainnya.

Memang Rico tak ingin menjadi orang nomor satu. “Cukup wakil saja dulu,” jelasnya. Soal partai pengusung, menurut Rico, masih cukup waktu untuk melakukan lobi.

Rico tertantang untuk maju karena ingin melihat Pontianak terus berkembang. Walikota Pontianak Sutarmidji telah melakukan perubahan besar dalam membangun kota ini. Mulai dari infrastruktur, air bersih, pendidikan, kesehatan, kawasan terbuka hijau dan fasilitas umum lainnya sudah cukup maju. “Perlu orang-orang yang punya komitmen dan kerja keras untuk melanjutkan estafet pembangunan itu,” jelas Rico.

Karena itu, Rico siap melaksanakan amanah jika memang warga Kota Pontianak menghendakinya untuk tampil sebagai calon Wakil Walikota Pontianak priode 2018-2023 mendatang. Dia akan mengusung jargon Pontianak Hebat; Maju dan Terdepan.**

 

 

Berita Terkait