Gempa Jepang, 9 Tewas, Ratusan Luka-Luka

Gempa Jepang, 9 Tewas, Ratusan Luka-Luka

  Jumat, 15 April 2016 21:32
Evakuasi Gempa di Jepang yang menewaskan 9 orang dan ratusan luka-luka. Reuters

Berita Terkait

Jepang kembali dilanda gempa. Kali ini, pusat gempa yang terjadi pada Kamis (14/4) itu ada di wilayah barat daya Jepang.

Dikutip dari laman Reuters Jumat (15/4), goncangan gempa yang berkekuatan 6 skala richter ini terjadi di Kota Kumamoto. Beruntung, tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan pascabencana tersebut. Sebab, pusat gempa terjadi di darat bukan di laut. Instalasi nuklir di dekat wilayah gempa juga dilaporkan masih aman.

Kendati demikian, gempa ini telah menewaskan sembilan orang dan melukai ratusan orang lainnya. "Hingga saat ini, lebih dari 130 gempa susulan telah melanda daerah sekitar Kota Kumamoto," tulis Reuters di situsnya.

Tidak hanya itu, gempa tersebut juga merobohkan banyak bangunan, bahkan menimbulkan kebakaran. Korban tewas kebanyakan karena tertimpa bangunan yang roboh atau terjebak dalam kebakaran.

Sebagai informasi, Jepang sering terjadi gempa karena terletak di atas Cincin Api Pasifik. Gempa terbesar yang terakhir terjadi di Negeri Sakura itu pada Maret 2011 lalu. Kekuatan gempa saat itu mencapai 9 skala richter, serta memicu tsunami yang menewaskan 20 ribu orang. 

Gempa lima tahun lalu itu juga menyebabkan bencana nuklir terparah setelah Chernobyl. Reaktor nuklir di Fukushima meleleh, menyebabkan evakuasi ratusan ribu orang hingga radius puluhan kilometer dari lokasi tersebut. (fab/JPG)

Berita Terkait