GEMA SMA se-Kabupaten Sambas , 1.312 Pelajar Siap Unjuk Prestasi

GEMA SMA se-Kabupaten Sambas , 1.312 Pelajar Siap Unjuk Prestasi

  Rabu, 17 February 2016 09:49
GEMA SMA: Pabali Musa, wakil Bupati Sambas, didampingi Romsidi, ketua panitia pelaksana secara resmi membuka GEMA SMA se-Kabupaten Sambas tahun 2016, Selasa (16/2), di Lapangan Gabsis Sambas. FOTO HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS – Gerakan Mendidik Anak Bangsa SMA (GEMA SMA) se-Kabupaten Sambas yang kali pertama dihelat tahun ini, merupakan wadah mengemas acara O2SN dan FLSN yang secara rutin telah dilakukan setiap tahun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas. GEMA SMA yang dibuka wakil Bupati (Wabup) Sambas, Dr Pabali Musa MAg di Lapangan Gabsis Sambas, Selasa (16/2) kemarin, berlangsung meriah. Perhelatan tersebut akan berlangsung hingga 18 Februari mendatang, dengan diikuti 1.312 orang pelajar dari 30 SMA se-Kabupaten Sambas.

Tahun ini GEMA SMA ‎mengusung tema: Dengan Semangat GEMA SMA 2016, Kita Tingkatkan Prestasi Seni dan Olah Raga Siswa. Pembukaan tersebut selain dihadiri Wabup, juga perwakilan Polres, Pengadilan Negeri, perwakilan Dandim, Kepala Dinas Pendidikan, jajaran kepala SKPD atau yang mewakili, para camat, para kepala UPT Dinas Pendidikan di berbagai kecamatan, perwakilan Bank Kalbar, Direktur Politeknik Negeri Sambas, Rektor IAIS Sambas, para kepala sekolah se-Kabupaten Sambas, serta para kepala desa di Kota Sambas.  

Dalam sambutannya, Romsidi SPd, ketua Panitia Pelaksana, menjelaskan jika tujuan GEMA SMA ini untuk menumbuhkembangkan serta mengaktualisasikan bakat olahraga dan seni, serta potensi yang dimiliki para pelajar. “Di samping itu, sikap mengapresiasi seni dan budaya nasional serta memperkokoh semangat kebersamaan dan jiwa nasionalisme para pelajar, juga menjadi hal positif yang bisa kita petik dari pelaksanaan kegiatan GEMA SMA ini,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala SMA Muhammadiyah Sambas.

Diharapkan dia agar dari kegiatan ini, menjadi wadah tersalurnya bakat olahraga dan seni peserta didik, menumbuhkembangkan sikap positif dan apresiatif terhadap seni dan budaya nasional, serta tumbuhnya rasa percaya diri di kalangan peserta didik, sehingga peserta didik lebih kreatif dan inovatif.  “Dan tak kalah penting lagi terjalinnya kebersamaan, kegotongroyongan, serta kerja sama di antara perserta didik antar-SMA se-Kabupaten Sambas,” kata dia.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Drs H Jusmadi SH MH, dalam sambutannya menegaskan bahwa menyiapkan SDM berkualitas dan kompetitif itu menjadi harga mati bagi dunia pendidikan. “Tidak ada pilihan lain, tidak ada cara terbaik untuk menjawab tantangan globalisasi saat ini, kita harus menyiapkan sumber daya manusia terbaik, berkualitas, dan memiliki daya saing. Karena itu meningkatkan kualitas pendidikan dan aksesibilitas pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan harus kita mulai dan lakukan saat ini,” katanya.

Lebih lanjut Jusmadi berpesan agar melalui even GEMA SMA yang memang identik dengan kompetisi ini, menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang proses pembelajaran olah pikir, olah hati, dan olah rasa. Dengan demikian, harapan dia, agar bisa membentuk kepribadian siswa peserta kegiatan menjadi pribadi yang lebih sportif, bijak, dan mampu membangun kesetiakawanan dan kerja sama tim.

Dalam kesempatan yang sama, Wabup Pabali Musa atas nama Bupati berpesan kepada seluruh peserta, agar bermain dengan sportif dan bersungguh-sungguh, menunjukkan prestasi terbaiknya di cabang olahraga dan seninya masing-masing. “Bertanding dan menunjukkan prestasi yang terbaik itu penting, namun jangan melupakan bahwa bertanding itu juga harus sportif. Dan yang terpenting lagi adalah jadikan ajang GEMA SMA ini sebagai wadah saling mengenal dan menjalin persahabatan antarsekolah se-Kabupaten Sambas,” pesan dia.

Kegaiatan GEMA SMA ini, diakui dia, mendapat dukungan langsung pendanaannya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, SMA se-Kabupaten Sambas, dan sponsor dari Bank Kalbar, PT Sumber Djantin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Misni Safari, serta para donatur lainnya. ‎"Mewakili Panitia GEMA SMA 2016, saya selaku ketua panitia mengucapankan terima kasih atas kerja sama kepada semua sponsor yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini," ungkapnya. (har)

Berita Terkait