Gelorakan Nasionalisme Lewat Gerak Jalan

Gelorakan Nasionalisme Lewat Gerak Jalan

  Selasa, 16 Agustus 2016 09:30
GERAK JALAN: Bupati Ria Norsan melepas peserta gerak jalan perayaan HUT RI ke-71. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri generasi muda, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menggelar gerak jalan bagi pelajar se-Kabupaten Mempawah. Mengambil lokasi start dan finish di Halaman Gedung PGRI Mempawah, sebanyak 110 regu dilepas Bupati Ria Norsan, Sabtu (13/8) pagi.

Sebanyak 110 regu yang ambil bagian dalam lomba perayaan HUT RI ke-71 itu berasal dari pelajar SD, SMP dan SMA/SMK. Para peserta harus berjalan kaki melewati rute gerak jalan yang telah disiapkan panitia lomba. Peserta dengan nilai tertinggi, akan tampil sebagai pemenang lomba.

Bupati Ria Norsan mengatakan, lomba gerak jalan tersebut tidak semata-mata untuk memeriahkan HUT RI ke-71. Namun, lebih dari itu, untuk menumbuhkan atau memupuk rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan dalam diri generasi muda. Karenanya, melalui momentum perayaan itu, dirinya mengajak para generasi muda untuk menegakkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme.

“Mari kita gelorakan semangat dan kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia seperti yang diikrarkan tokoh pergerakan dan perjuangan Sumpah Pemuda yakni bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia,” seru Norsan.

Norsan menyebut, pentingnya penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam diri generasi muda. Sebab, pemuda sebagai generasi yang kelak akan mengisi pembangunan dan melanjutkan cita-cita besar bangsa ini. Makanya, generasi muda harus memiliki rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan yang besar.

“Bagaimana bisa membangun negeri jika rasa nasionalismenya tidak ada. Makanya, sejak dini harus ditanamkan nilai-nilai nasionalisme. Dengan semangat nasionalisme inilah yang nantinya akan membangkitkan semangat generasi muda untuk berkarya bagi bangsa dan negeri ini,” pendapatnya.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama, S.Sos, M.Si berharap melalui  kegiatan gerak jalan tersebut semakin meningkatkan nilai nasionalisme dan patriotisme dalam diri generasi muda di Kabupaten Mempawah. Sehingga kedepan, akan lahir generasi muda bermutu dan berkualitas yang siap meneruskan estafet pembangunan bangsa dan daerah ini.

“Inti dari kegiatan ini bukan sekedar untuk meraih hadiah atau juara, melainkan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dalam diri generasi muda, terutama para pelajar di Kabupaten Mempawah. Apalagi sekarang momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI, maka sangat tepat agar pelajar semakin memaknai nilai-nilai perjuangan dan kemerdekaan,” pendapat mantan Kepala BKD Mempawah itu.(wah)

Berita Terkait