Geliatkan Drumband Sekolah

Geliatkan Drumband Sekolah

  Sabtu, 16 April 2016 09:11
LOMBA DRUMBAND: Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Dahlan Zainuddin, ketika membuka lomba drumband antarsekolah, di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Kamis (14/4) lalu. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Dinas Pendidikan Gelar Lomba Drumband
 
SUKADANA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kayong Utara melalui Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) menghelat Lomba Parade Drumband. Perhelatan tersebut berlangsung di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Kamis (14/4) lalu.

Kegiatan tersebut hanya diikuti empat sekolah, yakni dua dari sekolah dasar (SD) dan dua dari sekolah menengah pertama (SMP). Sekolah-sekolah yang menjadi peserta tersebut yakni SD Negeri 2 Sukadana, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Teladan Sukadana, SMP Negeri 1 Teluk Batang, dan SMP Negeri 3 Sukadana. Perhelatan tersebut menghantarkan MIN Teladan Sukadana sebagai jawara.

Sekretaris Disdik Kabupaten Kayong Utara, Dahlan Zainuddin, tak memungkiri jika kejuaraan seperti ini merupakan kali pertama dilaksanakan mereka, terlebih pada Bidang Dikdas. “Kegiatan seni dalam Lomba Parade Drumband, merupakan hal yang baru pertama kali kami lakukan. Ide atau inspirasi yang muncul di Bidang Pendidikan Dasar, Dikdas, bahwa melihat beberapa sekolah sekarang ini sudah memiliki peralatan yang memadai, sudah kurang aktif lagi drumbandnya. Untuk itulah diadakan kegiatan itu,” kata Dahlan usai menyampaikan sambutannya.

Dia juga berpesan agar pihak sekolah dapat lebih berkreasi dalam bidang drumband yang saat ini sudah mulai minim. Mereka menggeber Lomba Parade Drumband tersebut, dengan harapan agar gairah untuk berlatih dapat lebih ditingkatkan lagi. Kegiatan ini diharapkan dia bisa menimbulkan motivasi dari siswa, terutama sekolah di mana mereka bernaung. “Selalu berlatih, mempersiapkan diri untuk bisa tampil pada masing-masing sekolah, sesuai dengan keterampilannya masing-masing,” ajaknya.

Diakui dia jika drumband merupakan hal yang baru di kabupaten ini. Menurutnya, saat ini beru terdapat enam sekolah yang memiliki fasilitas tersebut, baik dari segi sarana dan personel. Bahkan, dia mengungkapkan, pada 2012 lalu, SD Negeri 8 Siduk, Sukadana, sampai harus melengkapi peralatan drumband mereka dari barang-barang bekas sebuah alat band.

“Berawal dari itu, tahun berikutnya, Dinas Pendidikan melalui Dikdasnya, mulai memotivasi pihak sekolah dan juga mengajukan bantuan kepada Pemerintah Pusat. Namun bantuan yang kami ajukan, berupa alat kesenian. Akhirnya ada sekolah yang kami bisa fasilitasi peralatan drumbandnya. Selain itu kami juga memberikan arahan kepada pihak sekolah, jika ingin memiliki drumband, bisa menggunakan dana bantuan yang  pada setiap sekolah-sekolah,” terang Dahlan.

Dahlan berharap pada perhelatan Sail Selat Karimata nanti, sekolah-sekolah yang memiliki ekstrakurikuler drumband, dapat  berpartisipasi. Dia yakin, para pelajar akan merasa bangga jika diberi kesempatan untuk bisa tampil pada kegiatan tersebut. “Ya, semoga saja apa yang menjadi harapan kami ini dan juga pihak sekolah, terkait drumband, dapat  memotivasi bagi para pelajarnya untuk aktif di sekolahnya masing-masing,” harap Dahlan. (dan)

Berita Terkait