Gelar Lomba Nangkap Ikan

Gelar Lomba Nangkap Ikan

  Jumat, 6 May 2016 16:19
AHMAD SOFI/PONTIANAK POST TANGKAP IKAN: Peserta lomba tangkap ikan saat menarik pukat mereka usai ditebar di Pantai Air Mata Permai.

Berita Terkait

KETAPANG-Ingin mendengar keluh kesah para nelayan di Ketapang, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ketapang menggelar lomba menangkap ikan di pantai Air Mata Permai Desa Sei Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, pada Kamis (5/5) pagi. Kegiatan ini diikuti oleh 80 nelayan dari empat kecamatan di pesisir Keyapang.
Ketua DPC PDIP Ketapang, Kasdi, mengatakan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh PDIP. Sebagai partai dengan kursi terbanyak di DPRD Ketapang yaitu, 9 kursi, PDIP ingin mendengar langsung keluh kesah para nelayan di Ketapang. "Dengan seperti ini, kita tahu apa yang dikeluhkan nelayan," katanya, kemarin (5/5).
Selama ini, jelas Kasdi, banyak keluhan nelayan yang tidak sampai kepada wakil rakyat di DPRD. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang lebih intens antara masyarakat dengan anggota dewan. "Nelayan bisa langsung menyampaikan apa keluhan dan keinginan mereka. Kami di DPR akan berusaha memberikan solusi dan memperjuangkan harapan mereka," jelas Kasdi.
Ia mengungkapkan, keluhan yang sering diungkapkan oleh nelayan adalah sulit dan mahalnya mendapatkan solar. Selain itu, banyak nelayan juga yang membutuhkan sarana untuk menangkap ikan. "Untuk solar, kita akan usahakan agar SPDN kembali diaktifkan. Sementara bantuan seperti pukat dan kapal, bisa diberikan melalui dinas dan aspirasi dewan," ungkapnya.
Ia menambahkan, kegiatan ini baru pertama kali digelar dan diusahakan digelar setiap tahunnya. Selain menjalin silaturrahmi, juga memberikan motivasi dan semangat kepada para nelayan. "Kita juga ingin sektor perikanan juga diperkuat. Karena ketahanan pangan itu tidak hanya padi. Kita juga dorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan," harapnya.
Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PDIP ke 43 dan Bulan Bungkarno. Tema kegiatan festival bahari nusantara. "Sesuai dengan tema kegiatan ini, Ketapang yang memiliki pesisir pantai yang panjang harus bisa memanfaatkan kekayaan laut untuk kesejahteraan masyarakatnya," pungkas Kasdi.
Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak merusaknya, salah satunya laut. Menurutnya, menjaga agar laut tetap besih adalah tanggung jawab semua. "Nelayan juga harus berpartisipasi menjaga lingkungan agar tetap lestari sehingga ikan atau potensi laut tetap terjaga dan banyak," pesannya.
Sementara itu, salah satu peserta lomba,  Junaidi (34), warga Dusun Darusalam Desa Sei Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, mengaku senang mengikuti festival bahari nusantara. Menurutnya, kegiatan tersebut tentu bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan demikian, apa yang menjadi keluhan masyarakat dapat langsung disampaikan.
Sebagai nelayan, hal ini lah yang sangat diharapkan masyarakat. "Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai upaya jemput bola untuk mengetahui persoalan kita. Jadi kita bisa menyampaikan persoalan secara langsung. Kalau kita mendatangi mereka ke kantor dewan, seperti saya rasanya tak mungkin. Jadi, dengan adanya kegiatan ini saya sendiri bisa menyampaikan keluhan dan harapan saya," ucapnya.
Ia berharap agar kesejahteraan nelayan betul-betul diperhatikan oleh pemerintah. Masih banyak nelayan yang membutuhkan bantuan dari pemerintah, khususnya nelayan tradisional. "Kita berharap bantuan dapat diberikan tepat sasaran. Jangan yang sudah mampu dibantu, tapi yang benar-benar membutuhkan yang harus dibantu," harapnya. (afi)

 

Berita Terkait