Gelar Lomba Memasak Menu Serba Ikan

Gelar Lomba Memasak Menu Serba Ikan

  Rabu, 3 Agustus 2016 09:28
LOMBA MEMASAK: Kegiatan lomba memasak dalam rangka HUT ke-9 Kabupaten Kayong Utara dan HUT ke-71 Republik Indonesia yang dilangsungkan di Gedung Balai Nirmala Sukadana, kemarin (2/8). HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kayong Utara menggelar lomba menu serba ikan. Perlombaan tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT kesembilan Kabupaten Kayong Utara dan HUT ke-71 Republik Indonesia, yang dilaksanakan di Gedung Balai Nirmala, Selasa (2/8).

 
Pada perlombanan tersebut diikuti sebanyak 20 regu dari perwakilan masing-masing SKPD dan Organisasi Wanita Kayong Utara. Mereka pun beradu unjuk kebolehan, dalam mengolah menu serba ikan menjadi makanan lezat dan keterampilan dalam penyajian.

Mengenai hal ini, wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Kayong Utara, Ny Ramah Idrus, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan lomba yang selalu digelar mereka setiap tahunnya ini, sebagai bentuk partisipasi PKK dalam memeriahkan HUT Kayong Utara dan HUT Republik Indonesia. Untuk hasil pemenang lomba di tingkat kabupaten ini pun, nantinya, dipastikan dia, akan diikutsertakan dalam lomba di tingkat Provinsi pada September mendatang di Kabupaten Sanggau.

“Kegiatan lomba ini utamanya bertujuan memacu kreativitas para peserta, masyarakat, dalam mengolah masakan yang berbahan dasar ikan, dan dengan lomba ini secara tidak langsung dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada kita pribadi tentang gizi yang baik untuk keluarga,” terang Rahmah saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Tim Penilai dari Politeknik Kesehatan Pontianak Bidang Gizi, Agus Hermansyah, menyampaikan kriteria penilaian dalam lomba ini, di mana mengutamakan nilai gizi yang terkandung di dalam makanan, sehingga baik untuk kesehatan. “Standar yang kami lakukan dalam penilaian tingkat provinsi dan nasional yaitu terkait kreativitas atau inovasi, penyajian makanan, citarasa, sanitasi, sehingga aman dikonsumsi dan nilai gizi yang terkandung di dalam masakan,” jelasnya.

Adapun pemenang lomba menu serba ikan pada tahun 2016 ini yaitu Bhayangkari dengan perolehan nilai 80,66 sebagai juara I, disusul Dinas Kelautan dan Perikanan dengan nilai 77,63 (juara II), Dinas Kehutanan dengan perolehan nilai 77,50, juara III. (dan/Humas)

Berita Terkait