Gedung Pertemuan Sungai Pinyuh Memprihatinkan

Gedung Pertemuan Sungai Pinyuh Memprihatinkan

  Kamis, 14 December 2017 10:00
MEMPRIHATINKAN: Lurah Sungai Pinyuh, Gusti Sumarno menunjukan bangunan gedung pertemuan dengan kondisinya yang memprihatinkan.

Berita Terkait

 

SUNGAI PINYUH - Kelurahan Sungai Pinyuh membutuhkan bangunan gedung pertemuan. Pasalnya, gedung pertemuan yang ada saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Lurah Sungai Pinyuh, H Gusti Sumarno berharap Pemerintah Kabupaten Mempawah dapat memberikan porsi anggaran untuk pembangunan gedung tersebut.

“Keberadaan gedung pertemuan ini sangat dibutuhkan masyarakat. Terutama untuk kegiatan kemasyarakatan baik yang melibatkan kelurahan, ormas hingga ibu-ibu PKK Kelurahan Sungai Pinyuh,” Pendapat Sumarno, Rabu (13/12) pagi saat ditemui koran ini.

Sumarno mengungkapkan, rusaknya gedung pertemuan itu lantaran termakan usia. Sebab, sudah lebih dari 20 tahun gedung itu tak pernah dilakukan perbaikan dan perawatan. Sehingga, konstruksi bangunan semakin lapuk bahkan tak sedikit bagian bangunan yang sudah roboh.

“Bagian atap sudah bocor, jika diperbaiki maka kemungkinan konstruksinya akan jebol. Begitu pun dengan bagian lantai, banyak yang sudah patah hanya saja kita tutupi dengan karpet sehingga tidak terlihat,” lirih Sumarno.

Sumarno mengaku khawatir dengan kondisi bangunan yang sudah uzur itu. Sebab, bukan tidak mungkin akan mencelakai masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan menggunakan bangunan itu. Selain kegiatan kelurahan pertemuan dengan warga, gedung pertemuan itu sering digunakan berbagai organisasi untuk melaksanakan kegiatan, seperti PKK dan LPM.

“Bangunan ini bukan hanya untuk pertemuan saja, bahkan pada musim Pilkada pasti digunakan sebagai lokasi berkumpulnya masyarakat. Dengan konstruksi yang sudah lapuk, maka sangat rawan sekali digunakan untuk kegiatan Pilkada 2018 nanti,” pendapatnya.

Karenanya, Sumarno berharap Pemerintah Kabupaten Mempawah dapat memberikan porsi anggaran untuk pembangunan gedung pertemuan di Kelurahan Sungai Pinyuh. Bahkan, dirinya mengusulkan agar pembangunan gedung pertemuan itu dapat direalisasikan sepaket dengan Kantor Lurah Sungai Pinyuh.

“Jika memungkinkan dapat dibangun sepaket. Misalnya lantai bawah untuk Kantor Kelurahan, bangunan atas untuk gedung pertemuan atau sebaliknya. Namun, jika memang anggaran tidak mencukupi kami berharap dapat diprioritaskan untuk gedung pertemuan saja,” harapnya mengakhiri.

Hal senada disampaikan wakil ketua PKK Kelurahan Sungai Pinyuh, Hj. Nurhayatun. Wanita karir yang akrab disapa bu atun ini mengatakan gedung pertemuan kantor lurah Sungai Pinyuh memang layak dilakukan perbaikan. Sebab dalam setiap kegiatan PKK, pasti menemui hambatan dengan kondisi gedung pertemuan yang rusak.

"Biasanya kalau mau diadakan kegiatan, kami harus lihat kondisi cuaca dahulu, karena kalau mendung, maka pertemuan dibatalkan, sebab dipastikan air hujan menetes masuk ke dalam ruangan dan mengganggu rapat. Tak hanya itu, kami juga khawatir kalau bangunan roboh karena lantai saja sudah miring dan kayu penyanggah atap banyak yang rusak. makanya saya mendukung kalau gedung pertemuan ini segera dilakukan perbaikan," harap Atun.(wah)

Berita Terkait