Gedung DPRD Pindah

Gedung DPRD Pindah

  Sabtu, 20 February 2016 10:56
Gambar dari www.kuburayakab.go.id

Berita Terkait

SEKRETARIS DPRD Kubu Raya, Frans Randus menyatakan, paling lama awal April mendatang Gedung DPRD Kubu Raya yang saat ini berada di Jalan Arteri Supadio akan pindah ke Jalan Wonodadi II.“Alasan utama kenapa kami memutuskan untuk pindah ke gedung yang baru, karena gedung yang disewa saat ini kondisinya sudah tidak representatif lagi,” kata Frans Randus kepada Pontianak Post Jumat (19/2).

Dinilai sudah tak representatif lagi lantaran pada gedung DPRD yang disewa saat ini sudah terdapat beberapa bagian ruangana yang sudah retak dan lahan parkir yang sempit. “Sebelumnya lahan parkir lumayan luas, karena saat ada rapat-rapat besar bisa numpang parkir di ruko sebelah, namun setelah ruko sebelah dibangun swalayan membuat area parkir semakin sempit. Selain itu di lantai dua juga ada beberapa ruangan yang retak dan merembet ke instalasi AC dan lainnya,”jelasnya.

Hal lain yang membuat  pihak DPRD memutuskan untuk DPRD Kubu Raya pindah karena harga sewa gedung yang saat ini ditempati naik, sedangkan alokasi anggaran yang dimiliki terbatas untuk memperbaiki sejumlah sarana dan prasarana yang ada di gedung.“Dati pemerintah kami hanya dianggarkan untuk biaya sewa saja, jadi kalau misalnya harus memperbaiki bangunan dan sejenisnya sudah tidak ada anggaran lagi. Selain itu gedung yang ada saat ini harga sewanya juga merangkak naik,” jelas Frans Randus.

Sebelumnya gedung DPRD Kubu Raya yang hingga saat ini masih ditempati harga sewanya sekitar  Rp110 juta termasuk pajak per ruko dengan 4 ruko dan tiga lantai. Namun saat ini harga sewanya naik menjadi Rp125 juta sudah termasuk pajak per ruko.Menilai gedung yang ada saat ini sudah tak representatif lagi, maka paling lambat awal April mendatang pihak DPRD Kubu Raya sementara waktu akan menyewa gedung baru di Jalan Wonodadi II.

“Saat ini kami juga sedang mencicil untuk mengangkut barang-barang ke gedung yang baru. Semoga saja tidak ada halangan jadi semuanya bisa berjalan lancar,” harapnya.Harga sewa gedung baru DPRD Kubu Raya yang terletak di Jalan Wonodadi II tersebut kata dia juga sekitar Rp125juta sudah termasuk pajak, namun kondisinya jauh lebih besar dan lebih bagus dari gedung yang ada saat ini. “Kalau gedung sewa yang sekarang itu kami sewa empat ruko dengan tiga lantai, di gedung yang baru nanti dengan harga yang sama itu kami sewa tujuh ruko dengan dua lantai, jadi lebih luas dan lebih banyak ruangannya,” paparnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kubu Raya, Bambang Ganefo Putra membenarkan jika dalam waktu dekat gedung DPRD Kubu Raya akan pindah ke Jalan Wonodadi II. “Kami  upayakan pindah ke gedung baru itu hingga gedung permanen DPRD Kubu Raya yang rencananya dibangun di Jalan Parit Haji Muksin itu bisa terealisasi,” jelasnya.

Menurut Bambang, di tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp20 miliar untuk pembangunan Gedung DPRD Kubu Raya yang rencananya akan dibangun di Jalan Parit Haji Muksin. Pembangunan gedung itu sendiri dilakukan secara multiyears. “Soal pastinya kapan akan dibangun saya belum bisa memastikan karena itu ada di dinas teknis, namun kalau tidak salah disitu sudah dilakukan pembebasan lahan, jadi besar kemungkinan gedung DPRD yang permanen akan dibangun di situ,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait