Gathering IKA SMANSA Pontianak 9 Desember 2017

Gathering IKA SMANSA Pontianak 9 Desember 2017

  Senin, 11 December 2017 10:00
PENGUKUHAN: Pengurus Ikatan Alumni SMANSA Periode 2017-2020 oleh dua sesepuh alumni yang hadir, yakni Tabrani Hadi (1960) dan Fatimah Arief (Angkatan 1964) dengan tradisi Cucur Aek Kapuas.

Berita Terkait

SEDERHANA, BERSAMA, SEJAHTERA

PONTIANAK - Gathering Alumni SMA Negeri 1 Pontianak lintas angkatan dan lintas generasi yang berlangsung Sabtu, 9 Desember 2017 di halaman SMA Negeri 1, Jl Gusti Johan Idrus berlangsung hangat, meriah, penuh keakraban dan kekeluargaan.

Bahkan beberapa alumni dari Jakarta, Bandung, Bogor dan Bekasi datang khusus untuk hadir dalam acara ini. Hujan yang turun sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi serta mendung yang menyelimuti Pontianak sepanjang hari tak menghalangi para alumni untuk berkumpul kembali di almamater tercinta, SMA Negeri 1 Pontianak.

Kegiatan dimulai dengan senam zumba dan aerobik dengan instruktur dari kalangan alumni. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Pengurus Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Periode 2017-2020 oleh dua sesepuh alumni yang hadir, yakni Tabrani Hadi (1960) dan Fatimah Arief (Angkatan 1964), dengan tradisi Cucur Aek Kapuas.

Pesan moral tradisi ini adalah agar setiap Pengurus IKA SMANSA Pontianak seperti air di Sungai Kapuas, bermakna bagi sesama manusia dan alam semesta di sekitarnya. Dalam sambutannya, Ketua Umum IKA SMANSA Pontianak, M. Hermayani Putera (Angkatan 1990) menegaskan komitmen dan visi pengurus IKA SMANSA. 

Visi IKA SMANSA Pontianak, yakni IKA SMANSA akan dikelola secara efektif, memberi manfaat bagi sesama alumni dan berkontribusi bagi kemajuan dan kejayaan almamater. 

Sedangkan misinya yaitu: (a) Memperkuat silaturahmi dan solidaritas antar alumni; (b) Mempromosikan potensi para alumni dari berbagai lintas angkatan, lintas profesi, dan lintas wilayah, terutama dalam mendorong pengembangan kapasitas dan kepemimpinan alumni dan kewirausahaan sosial; (c) Melakukan sinergi dengan segenap unsur dalam pengelolaan SMAN 1 Pontianak (Kepala Sekolah, Dewan Guru, Komite Sekolah, Orang Tua, Siswa) dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas belajar mengajar di SMAN 1 Pontianak.

Setelah pengukuhan, acara dilanjutkan dengan peluncuran logo IKA SMANSA Pontianak. Dirancang sarat makna, diharapkan logo IKA SMANSA ini bisa menggambarkan para alumni SMANSA yang penuh warna, mencirikan dinamika yang tinggi di kalangan alumni SMANSA, kaya kreasi dan inovasi, serta penuh keberagaman menggambarkan Indonesia mini yang beragam dari sisi etnis, agama, dan profesi. Semuanya menyatu dalam Ikatan Alumni SMANSA. 

Selain pengkuhan, acara juga dirangkai dengan Bazar Produk Alumni yang menyediakan 44 booth. Produk yang ditawarkan berupa makanan, minuman, pakaian, kerajinan tangan, kursus bahasa, kursus memanah, dan peralatan rumah tangga.

Acara juga diselingi dengan pembagian hadiah dan door prize sumbangan para alumni serta sponsor seperti Pontianak Post, Bank Kalbar dan lainnya. Puncak hadiah yakni berupa dua paket umrah kepada guru dan karyawan SMA Negeri 1 Pontianak yang akan memasuki purnabakti. 

Sebagai wujud perhatian kepada sekolah, para alumni juga menyumbang 200 kursi untuk ruangan amphitheater, 2 unit AC untuk laboratorium, seperangkat komputer dan printer kepada Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Pontianak, dua sepeda bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pontianak, dan 1 unit sepeda penunjang operasional sekolah. 

Kepada masyarakat luas, para alumni juga menyumbang enam sepeda kepada Madrasah Tsanawiyah Aswaja Pontianak, lima sepeda kepada anak-anak para ibu yang tergabung di dalam program Pemberdayaan Kepala Keluarga (PEKKA) Kalbar.

Seminggu sebelumnya, alumni SMANSA juga sudah menyumbang sebuah sepeda kepada Bu Erna, penjual sayur keliling di daerah Jl Karet Pontianak. Acara Gathering Alumni pun diwarnai dengan Aksi Donor Darah yang dimotori oleh Angkatan 2006 dan Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri 1 Pontianak bekerjasama dengan PMI Kota Pontianak. Sebanyak 80 kantong darah berhasil ditampung untuk selanjutnya dikelola oleh PMI Kota Pontianak.

Acara disemarakkan pula dengan perekaman KTP Elektronik, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak. Selain menyasar siswa SMA Negeri 1 Pontianak yang sudah berusia 17 tahun namun belum melakukan perekaman e-KTP, kegiatan ini juga terbuka bagi siswa dari sekolah. Dimulai dari jam 08.00 hingga 12.00, tercatat 54 siswa yang melakukan perekaman e-KTP.(*)

Berita Terkait