Garap Website El John Hingga Miss Earth

Garap Website El John Hingga Miss Earth

  Rabu, 23 March 2016 10:57
KOMUNITAS: Empat anak muda yang mendapat penghargaan dari 8Bit. Perusahaan yang bergerak di bidang TI ini memberikan reward 10 Web komunitas Gratis bagi 10 Komunitas Relawan Aktif di Pontianak. ISTMEWA

Kini semakin banyak orang berkomunikasi, berinteraksi, membaca, hingga belanja di lewat situs-situs internet. Para developer, konsultan dan marketing digital menjadi profesi menjanjikan. Tidak kalah dari kota-kota lain, Pontianak punya banyak jagoan di bidang teknologi informasi dan komunikasi ini.

Aristono, Pontianak

 

SEIRING semakin banyaknya para pengguna internet, terutama media sosial, biaya untuk melakukan promosi sebuah produk menjadi semakin mudah dan murah. Namun mencuri dan mencari perhatian netizen di dunia maya tak sesimpel yang dibayangkan. Perlu strategi dan orang-orang terampil yang mengerjakannya. Konsultan TI dan digital pun kian banyak dicari.

Pontianak sendiri sudah melahirkan banyak jago-jago konsultan digital dan marketing digital. Nama mereka sudah diakui di kancah nasional, bahkan dunia. Sebut saja Yansen Kamto, Chief Executive Kibar (Kibar Kreasi Indonesia). Perusahaan konsultan miliknya, sekarang bekerja sama dan mengerjakan beberapa proyek bersama Google. 

Kibar bahkan punya banyak anak perusahaan di berbagai bidang. Nama lain adalah  Leontinus Alpha Edison. Pemuda kelahiran tahun 1981 ini adalah pemilik e-commerce terbama Tokopedia.com. Pada tahun 2014 lalu, Tokopedia berhasil mendapatkan dana investasi baru senilai US$ 100 Juta dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capita.

Memang nama-nama tersebut berkantor di Jakarta. Namun tidak sedikit pula kantor-kantor konsultan TI yang berada di Pontianak. Salah satunya adalah 8Bit (Delapan Bit) yang berlamat di Jalan Sungai Raya Dalam Komplek Griya Husada B8. Kendati kantornya tak semegah perusahaan konsultan TI lainnya, 8Bit juga menangani klien-klien kelas kakap dari berbagai provinsi di Indonesia.
Hajon Mahdy M, CEO 8Bit mengatakan spesialisasi mereka adalah pembuatan software berbasis web, desain web,  pengembangan  aplikasi  mobile  berbasis  android  dan  IOS,  desain UI/UX, Infrastruktur IT dan pemasaran digital. D”engan spesialisasi tersebut, kami berharap dapat mendukung kesuksesan bisnis setiap klien kami,” ujarnya kepada Pontianak Post.

8Bit sendiri terditi dari berbagai talenta muda di bidang pembuatan software, infrastuktur IT,  web  development dan  pemasaran  digital.  Kendati demikian, pengalaman mereka tidak sedikit. Hajon misalnya, adalah mantan karyawan Kaskus, situs ternama di Indonesia. 

Dia juga malang melintang dalam berbagai kejuaraan dan konferensi jago-jago digital. Tidak mau kepalang, dalam memberikan konsultasi, pihaknya melakukan riset pasar yang dapat membantu kliennya menemukan niche market yang sesuai dengan produk dan jasa perusahaan.

“Kami mengembangkan software berskala enterprise dan juga memberikan konsultasi di bidang layanan IT serta pemasaran digital ke berbagai industri di Indonesia. Setiap tim memiliki keahlian masing-masing sesuai bidang mereka seperti web designer, web programmer, copy writer, SEO (Search Engine Optimizer), Social Media, maupun Youtube marketing. Kami akan bekerjasama dalam  menciptakan  strategi  dan  planning  untuk  pemasaran  online  web  perusahaan  klien kami,” jelas dia.

Beberapa perusahaan dan organisasi top menggunakan jasa 8Bit dalam mengembangkan website dan media sosialnya. Di tahun 2014, perusahaan pariwisata kenamaan, El John Indonesia melakukan ekspansi bisnis baru dalam dunia digital yaitu tv streaming yang dipercayakan pembuatannya pada 8Bit. 

“Kami mendesain web El John Indonesia yang dapat diakses melalui banyak flatform diantaranya desktop, tablet dan mobile untuk websitenya. Selain itu, dalam sistem keamanan kami menggunakan positive SSL dengan protokol https agar website aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” paparnya.

Perusahaan lain yang memakai jasa mereka adalah VIP Gadget. Logo perusahaan aksesoris gadget terkenal ini dipercayakan kepada 8Bit. Tidak sampai di situ, sebuah ajang bergengsi Miss Earth juga menggandeng 8Bit. 

“Sebagai ajang yang bergengsi, miss earth indonesia membutuhkan sebuah sarana yang bisa membantu promosi acara tersebut agar bisa diketahui dan dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia. 8Bit membantu ajang tersebut dalam hal promosi sosial media sehingga ajang miss earth indonesia booming di sosial media,” pungkas Hajon. (*)