Galian C Kaliasin Ditutup

Galian C Kaliasin Ditutup

  Selasa, 24 November 2015 09:27
GALIAN C: Kondisi kerusakan lingkungan akibat galian c ilegal di Bukit Kaliasin Luar, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. FOTO AIRIN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG--Kegiatan galian C ilegal di Bukit Kaliasin Luar, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan resmi ditutup. Ditutupnya kegiatan tersebut, tidak ada lagi pengusaha manapun yang diperbolehkan melakukan penggalian tanah dan batu di Bukit Kaliasin tersebut. Jika ada yang melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Sesuai arahan Walikota Singkawang dan Badan Lingkungan Hidup Kota Singkawang, kegiatan galian c Kaliasin ditutup. Karena telah merusak lingkungan dan meresahkan masyarakat Kaliasin," ucap Kepala Camat Singkawang Selatan H Elmin, Senin (23/11) kepada Pontianak Post.

Menurut dia, selama ini kegiatan galian c di Bukit Kaliasin sudah melakukan pelanggaran karena tidak mengantongi izin dari pemerintah terkait. Sehingga aktivitas galian c yang dilakukan tersebut sudah melanggar kebijakan dan peraturan pemerintah daerah.  Ia menuturkan apabila ada pelaku usaha maupun pihak lain yang tetap melaksanakan galian c ilegal di Bukit Kaliasin. Pihaknya tidak akan segan-segan menyerahkan permasalahan tersebut kepada pihak yang berwajib sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

"Jika ada pengusaha tetap melakukan galian C di Bukit Kaliasin. Kita akan berikan sanksi hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga tidak ada lagi pihak terkait yang berani melindungi galian C secara ilegal," tukasnya.Tokoh Masyarakat Kaliasin Wendy menambahkan selama beberapa minggu terakhir kegiatan galian c ilegal di Bukit Kaliasin tidak lagi terlihat. Hal ini karena kebijakan pemerintah Kota Singkawang sudah menutup kegiatan galian c di Bukit Kaliasin tersebut.

"Kegiatan galian C Kaliasin sudah di tutup. Hanya saja masih tampak kerusakan pada lingkungan. Ini karena galian Cyang tidak tertatur," paparnya saat didampingi beberapa warga Kaliasin.Dia mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah daerah. Dikarenakan sudah menututup galian c Bukit Kaliasin. Sehingga warga yang bertempat tinggal dipinggiran galian c Bukit Kaliasin bisa hidup tenang dan aman.

Ia mengharapkan atas kebijakan pemerintah Kota Singkawang tidak ada lagi pengusaha maupun pihak terkait yang melanggar peraturan tersebut. Ini sesuai dengan arahan Walikota Singkawang yang dengan tegas menyatakan galian c di Bukit Kaliasin Luar ditutup karena pihak terkait tidak memiliki izin resmi dari pemerintah terkait."Kegiatan galian C yang dilakukan penambang sudah menyalahi peraturan. Jadi tidak ada lagi yang diperbolehkan melakukan galian c secara ilegal. Karena sudah merusak lingkungan di Bukit Kaliasin," imbuhnya. (irn)

Berita Terkait