Gali Potensi, Minat & Bakat Generasi Qurani

Gali Potensi, Minat & Bakat Generasi Qurani

  Selasa, 15 December 2015 06:54
MTQ: Penjabat Bupati Ketapang menyerahkan piala bergilir dari Camat Delta Pawan, kemudian diserahkan ke panitia pelaksana. (kanan) Penjabat Bupati bersama Forum Pimpinan Daerah menekan tombol sirine menandakan dibukanya MTQ XXVI Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2015

Berita Terkait

SETELAH dibuka oleh Penjabat Bupati Ketapang, Kartius SH MSi pada Minggu (13/12) malam, maka MTQ XXVI tingkat Kabupaten Ketapang akan berlangsung hingga 17 Desember 2015. Kegiatan berlangsung di mimbar utama pentas lapangan Sepakat, Masjid Agung Al-Ikhlas, dan SMA Muhamadiyah.

Adapun cabang yang dipertandingkan diantaranya, tilawah quran (kategori dewasa, remaja, anak-anak, tartil dan canet), cabang hifzil quran (kategori 1 juz, 5 juz, 10 juz, dan 30 juz), cabang khattil quran (kategori naskah, hiasan, dan dekorasi). Selain itu dipertandingkan juga cabang syarhil dan fahmil. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVI tingkat Kabupaten Ketapang diikuti 17 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada. Ada pun 3 kecamatan yang tidak ambil bagian diantaranya: Kecamatan Simpang Hulu, Kecamatan Hulu Sungai dan Kecamatan Simpang Dua.

Penjabat Bupati Ketapang, Kartius SH MSi mengharapkan pada MTQ dua tahun kedepan seluruh kecamatan ambil bagian. Ia yakin, walaupun pada tiga kecamatan tersebut mayoritas nonmuslim, pasti terdapat saudara kita yang berkeyakinan muslim. Supaya bisa melihat bagaimana MTQ dipertandingkan, maka pengurus masjid atau pun umat dari ketiga kecamatan tersebut dilibatkan juga minimal sebagai peninjau.

Pembukaan MTQ XXVI tahun 2015 dihadiri seluruh peserta dari 17 kecamatan sebanyak 303 orang termasuk official. Selain itu para camat, serta kepala SKPD juga hadir. Pembukaan disemarakkan dengan alunan ayat suci Al-Quran dari M. Dhofir juara pertama MTQ ke 20 tingkat Provinsi Kalbar. Selain itu, penekanan tombol sirene secara bersama-sama Penjabat Bupati, Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Yuliana AMd, Forum Pimpinan Daerah sekaligus pesta kembang api menambah malam pembukaan semakin semarak. Ribuan warga memadati lapangan sepakat menyaksikan malam pembukaan MTQ XXVI tingkat Kabupaten Ketapang.

Dalam pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Ketapang yang berlangsung di mimbar utama pentas lapangan Sepakat, Kelurahan Sampit, Kecamatan Delta Pawan, Penjabat Bupati Ketapang mengharapkan menjadi momentum mempererat ukhuwah Islamiyah untuk memacu untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Quran sebagai pedoman hidup dan petunjuk hidup. Para peserta dimintanya menjaga nilai-nilai keislaman dan tidak menodai kegiatan MTQ. MTQ bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan umat Islam terhadap ajaran pentingnya Al-Quran. Ia mengajak kegiatan MTQ sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik dan berakhlak mulia.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana MTQ XXVI tingkat Kabupaten Ketapana melalui M. Tayep H.Jalil, melaporkan tujuan untuk mencari qori-qoriah yang mengikuti MTQ tingkat Kalbar di Kabupaten Kubu Raya tahun 2016. Selain itu mencari generasi muda yang mampu memperdalam ilmu pada lomba yang dipertandingkan, khususnya dalam mengamalkan, menghayati dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga meningkatkan gairah kehidupan beragama sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. 

Sedangkan Drs H Mad Noor Hamid, pengurus LPTQ Kabupaten Ketapang mengatakan, tujuan MTQ adalah meningkatkan tali silaturahmi antar qori-qoriah, hafid dan hafidah serta untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran. Di samping itu, MTQ tingkat Kabupaten Ketapang adalah mempersiapkan MTQ tingkat Provinsi Kalbar tahun 2016.(**)

Berita Terkait