Gagal Olimpiade Ketiga

Gagal Olimpiade Ketiga

  Sabtu, 6 Agustus 2016 10:03
Stanislas Wawrinka

Berita Terkait

Satu lagi bintang tenis dunia mengundurkan diri dari Olimpiade Rio 2016. Ranking empat dunia Stanislas Wawrinka kemarin resmi menyatakan mundur dari event empat tahunan tersebut. Ini memastikan Swiss tidak mengirim satu wakilpun di nomor tenis putra.

 
Sebelumnya, Roger Federer lebih dulu menyatakan memilih mengakhiri musim ini lebih cepat. Petenis 34 tahun itu ingin memberikan istirahat lebih panjang kepada lututnya yang baru pulih dari cedera.

Alasan Wawrinka mundur sendiri karena mengalami cedera punggung. Itu dia terima saat mengikuti ajang Toronto Masters di Kanada Minggu lalu. Di kejuaraan tersebut Wawrinka tersingkir di semifinal oleh petenis Jepang Kei Nishikori (6-7(6), 1-6).

“Aku sungguh kecewa,” ucap Wawrinka dilansir ESPN kemarin. “Setelah merasakan tampil di Beijing dan London, aku sangat berharap bisa merasakan Olimpiade ketiga di Brasil. Sayangnya, sekarang itu tidak mungkin terjadi,” tambah juara Prancis Terbuka 2015 tersebut.

Absennya Federer dan Wawrinka membuat Swiss hanya mengirim dua wakil di Olimpiade kali ini. Keduanya adalah petenis putri. Yakni Martina Hingis dan Timea Bacsinszky. Keduanya akan berpasangan di nomor ganda. Disamping Bacsinszky juga turun di tunggal.

Wawrinka sepanjang karier pernah sekali mempersembahkan emas Olimpiade untuk Swiss. Itu dia lakukan di nomor ganda pada Olimpiade Beijing 2008. Saat itu dia berpasangan dengan Federer.

Di Olimpiade London sendiri, langkah Wawrinka di tunggal sudah terhenti di babak pertama. Dia kalah dari unggulan ketiga Andy Murray. Murray saat itu bablas merebut medali emas di akhir kejuaraan.

Sedangkan di nomor ganda, pasangan Federer/Wawrinka gagal mempertahankan emas di London setelah takluk di babak kedua. Saat itu mereka kalah dari pasanga Israel Andy Ram/Jonathan Erlich.

Absennya Wawrinka dari Olimpiade Rio ini juga makin menambah daftar pemain-pemain top putra yang melewatkan gelaran mulievent olahraga terakbar sedunia ini. Sebelumnya, beberapa nama yang sudah lebih dulu mengundurkan diri adalah Milos Raonic, Nick Kyrgios, John Isner, Dominic Thiem, Feliciano Lopez, dan Bernard Tomic.(irr)

Berita Terkait