Forum Kajian Khusus Fiqh Wanita Terbentuk

Forum Kajian Khusus Fiqh Wanita Terbentuk

  Kamis, 24 March 2016 20:34

PONTIANAK--Forum Kajian Khusus Fiqh Wanita merupakan wadah majelis ilmu dan konsultasi dakwah yang dibentuk khusus memperdalam dan memperluas pengetahuan tentang fiqh secara umum dan khususnya bagi perempuan.

“Banyak hal yang bisa dikonsultasikan dalam forum ini. Baik ibu-ibu maupun kalangan remaja,” kata Syarifah Azizah Lc, Penyuluh Agama di Kementerian Agama Kota Pontianak.

Forum yang terbentuk Kamis (24/3) kemarin, akan segera bergerak menjelang bulan suci Ramadan. Rencananya, akan dijadwalkan kajian rutin setiap Sabtu pukul 08.00-10 di aula masjid AlMuhtadin, Untan dan lantai dasar menara Masjid Mujahidin.

“Rencananya dimulai tanggal 2 April 2016,” kata dia.

Syarifah menjelaskan sengaja tidak memilih masjid sebagai tempat kajian rutin agar mengingatkan jamaah wanita tidak berhalangan untuk menghadiri dan sekaligus muat dalam kapasitas yang banyak.

Syarifah pun sudah menegaskan jika forum yang dibentuk itu terbuka untuk muslimah tanpa syarat apapun. Dia pun memastikan jika kajian ini tidak membawa bendera apapun, aliran atau mazhab tertentu.

Rencanya dimulai dengan materi persiapan menjelang dan menyambut Ramadan yaitu qadha puasa, fidyah, puasa sunah dan hal-hal lain yang menunjang puasa dan bulan Ramadan. Secara teknis, jelas dia, kajian akan disi dengan 60 menit dan 60 menit tanya jawab. “Saya sendiri yang akan membimbing materi ini,” kata dia.

Menurut Syarifah kajian ini akan tetap berlanjut meski Ramadan sudah berakhir. Rencananya akan dipersiapkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yang bekerjasama dengan instansi dan lembaga terkait. Materi pun akan diperluas seperti zakat, perkawinan, perceraian, wakaf, haji, dan lain-lain.

“Semoga langkah ini dimudahkan direstui dan diridhai oleh Allah. Semoga ini menjadi jalan bagi ibu-ibu agar mereka menjadi kader dan bekal yang kuat sebagai guru dan pembimbing dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat,” harapnya. (mse)