Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

  Rabu, 14 September 2016 09:30
TERUS BERPRESTASI: Dirut Bank Kalbar Sudirman HMY (lima dari kiri-menggunakan batik merah) bersama penerima penghargaan lainnya diabadikan usai menerima penghargaan dari Tempo Media Group dan Indonesia Banking di Jakarta.

Berita Terkait

PONTIANAK – BANK Kalbar kembali raih penghargaan tingkat nasional. Sehari sebelumnya memperoleh dua penghargaan dari Indonesia Banking Awards 2016 yang diadakan Tempo Media Group dan Indonesia Banking di Jakarta. Kali ini penghargaan diberikan Indonesia Human Capital Study (IHCS) Award 2016 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta pada Kamis (8/9) malam.

Setelah sukses dengan penyelenggaraan Indonesia Human Capital Award (IHCA-I-2015) tahun lalu, Economic Review kembali menggelar acara IHCA ditahun 2016. Acara yang terselenggara untuk kedua kalinya bekerja sama dengan IPMI, International Business School, NBO Group, Thomas International, Indonesia Asia Institute serta Ideku Group dimana ajang ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan di Indonesia dengan tujuan mendorong praktik pengembangan Sumber Daya Manusia guna meningkatkan Human Capital Index secara global.

Seperti dilansir situs economicreviewnews.com, penghargaan Indonesia Human Capital II- 2016 diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja RI. “Penyelenggaraan kali ini dimulai dengan pelaksanaan Conference Human Capital II Se-Indonesia dengan mengangkat tema Building HC Competitiveness for Sustainable Growth In MEA Competition,”  ujar Pendiri sekaligus Direktur Utama Economic Review Hj RAy Irlisa Rachmadiana,S.Sn, MM.

IHCA adalah kompetisi terbuka yang dapat diikuti semua perusahaan. Para Penerima IHCA II- 2016 adalah Perusahaan BUMN Tbk, BUMN Non Tbk, Anak Perusahaan BUMN, Swasta Tbk, Swasta Non Tbk, yang telah melalui beberapa seleksi penjurian yang dilakukan secara tatap muka dengan mengisi questioner, melakukan presentasi dan wawancara langsung dengan seluruh juri.

Kompetisi ini terselenggara didorong daya saing HC Indonesia yang masih berada di urutan 53 dari 122 negara (Human Capital Index 2013) sehingga melalui penyelenggaraan IHCA ini Economic Review ingin berkontribusi dengan meningkatkan SDM dalam kegiatan bisnis sebagai pemosisi strategis.

“Secara global penyelenggaraan IHCA ini juga ditujukan untuk mempertemukan gagasan para Best Practice Human Capital Organization dari perusahaan- perusahaan terkemuka yang fokus terhadap pengembangan SDM nya lewat Strategic Human Capital,” terang Ketua Dewan Juri DR Stefanus M.S. Sadana, Drs, Msi, Peneliti, Dosen, Trainer HC- Perbanas Institute.

Para penerima penghargaan ini merupakan perusahaan-perusahaan yang telah mampu meningkatkan daya saing dan daya pikat Human Capital nya sebagai Leverage Performance organisasi di bidang Strategic Human Capital Development, Recruitment dan Talent Management, People Development, Performance Management dan Technology Proponent Regional ASEAN. 

“Kami harapkan penyelenggaraan IHCA ini akan menjadi indikator keberhasilan perusahaan dan kebanggaan bagi organisasi yang bersangkutan sehingga dapat mendukung pertumbuhan bisnis yang berksinambungan,” papar Stefanus M.S.

Dalam ajang ini Bank Kalbar berhasil meraih katagori The Best Employee Engagement Award 2016 oleh Indonesia Human Capitol Study (IHCS) yang berlangsung di Balai Kartini, pekan lalu (8/9). Menurut Dirut Bank Kalbar, Sudirman HMY, penghargaan berhasil dimasukkan ke dalam meja penghargaan Bank Kalbar setelah berhasil terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya (SDM).

Penghargaan ini merupakan hasil penilaian dari pihak lain yang menganggap Bank Kalbar telah memiliki kinerja baik dalam mengelola dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). “Keberhasilan Bank Kalbar meraih penghargaan tersebut dilandasi kinerja berkualitas yang ditunjukkan Bank Kalbar dalam pengelolaan human capital atau Sumber Daya Manusia (SDM),” tuturnya.

Menurutnya, ajang ini sangat penting bagi perusahaan, utamanya Bank Kalbar sendiri dalam menghadapi tantangan bisnis ke depan. Human capital atau sumber daya manusia yang berdaya saing global mesti terus dijaga dan dikembangkan melalui pelatihan-pelatihan yang rutin dilaksanakan.

Sudirman juga mengatakan dengan diterimanya penghargaan tersebut menjadi bentuk pengakuan dari pihak independen yang kredibel atas upaya manajemen Bank Kalbar yang selalu secara berkesinambungan melakukan pembenahan terhadap pengelolaan SDM dan harus meningkatkan kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing karyawan.(mif)

Berita Terkait