Finalis Duta Baca Cilik Menginspirasi

Finalis Duta Baca Cilik Menginspirasi

  Minggu, 12 November 2017 06:01
Penonton terkesima menyaksikan penampilan Duta Baca Cilik 2017 dalam memajukan minat baca.

Berita Terkait

PONTIANAK- Penampilan pertama finalis Duta Baca Cilik Kalbar menarik perhatian. Tepuk tangan penonton mengapreasiasi program-program duta baca yang disampaikan Dalilah Sephi Adzhani. Murid kelas 1 SMP Al Mumtaz setiap harinya membaca buku. Keinginannya bisa keliling dunia dengan menulis. "Setiap hari saya baca 2 sampai lima buku," kata dia.

Penampilan kedua, Galuh Edelweiis tak kalah membuat kagum penonton. Murid SMP N 3 Pontianak ini mengajak penonton untuk membaca dan menulis. Saat ini sudah ada lima karyanya yang  diterbitkan." Empat cerpen antologi dan satu lagi surat untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," kata dia.

 Dikatakannya, mengenalkan literasi harus dimulai sejak dini. "Setiap hari minimal saya bawa satu buku ke sekolah. Kadang tukaran buku dengan teman. Banyak judul buku bisa dibaca jadinya ," ujar siswi kelas 2 SMP ini.

Ghadiza Athaira pun tampil menghibur. Gaya bicaranya tak jarang membuat penonton tertawa. Anak berusia 9 tahun ini menumbuhkan rasa ingin tahunya dengan membaca. "Saya paling suka baca buku ke perpustakaan," kata murid SDIT Al Karima Kubu Raya ini.

M. Raqxel Al Kadrie ini pun mampu membuat penonton terkesima. Tak hanya  rajin membaca tetapi punya kemampuan bercerita. Bahkan juara Nasional lomba  bercerita ini pun mengungkap survey UNESCO terkait minat baca masyarakat Indonesia yang rendah. "Inilah saya ingin terlibat dengan mengajak anak anak meningkatkan minat baca sejak dini," kata dia.
Jika minat baca tinggi, lanjut dia dapat meningkatkan standar pendidikan dan mampu bersaing dengan daerah lain. "Saya mengajak mulai dari lingkungan sekitar. Membaca kunci kesuksesan," ungkap dia yang prestasinya diraih  karena banyak membaca. 

Talita Khairunnisa pun menginspirasi ketika dia mengatakan mengajar temannya yang belum bisa baca saat menunggu jemputan pulang sekolah. Murid yang berusia 9 tahun ini mengaku senang membaca karena sering diajak ke rumah baca.

Setelah penampilan lima finalis ini, juri melanjutkan penilaian. Penilaian ini digabungkan dengan penilaian tes tertulis dan wawancara yang sudah dilakukan sebelumnya. Terpilih sebagai Duta Baca Cilik 2017 M Raqxel Al Kadrie.(mrd)

Berita Terkait