Film jadi Kado Terindah

Film jadi Kado Terindah

  Minggu, 26 June 2016 10:12
Ziarah: Mantan Presiden RI BJ Habibie melakukan ziarah di makam istri tercintanya di TPU Tanah Kusir Jakarta, kemarin. fredericktarigan

Berita Terkait

Perayaan 80 Tahun BJ Habibie

JAKARTA – Presiden ketiga RI BJ Habibie merayakan ulang tahunnya yang ke-80 dengan menggelar special screening film Rudy Habibie di Epicentrum XXI kemarin (25/6) siang. Bioskop yang berlokasi di kawasan Kuningan itu mendadak penuh sesak oleh para tamu undangan.

Tampak hadir Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, mantan Ketua Golkar Akbar Tandjung, hingga pendiri Group Lippo Mochtar Riady, serta pengusaha Sandiaga Uno.

Turut hadir juga para pemain film Rudy Habibie. Seperti Reza Rahadian, Chelsea Islan, Ernest Prakasa, Indah Permatasari, Boris Bokir, Cornelio Sunny, Millane Fernandez, Dian Nitami, Verdy Solaiman, GPH Paundrakarana, dan beberapa pemain lainnya.

Berdasarkan pantauan, SBY terlihat duduk bersebelahan dengan Habibie. Satu deret kursi lainnya diisi Puan. Raut wajah puas dan bahagia tidak bisa disembunyikan Habibie saat ditemui usai menonton film berdurasi 2,5 jam itu.

Menurutnya, film itu jadi kado terindah di ulang tahun kali ini. Bukan hanya karena ceritanya yang berkisah tentang perjalanan hidup Habibie. Lebih dari itu, film yang digarap dengan serius di bawah komando sutradara Hanung Bramantyo itu membuktikan bahwa kualitas bangsa Indonesia semakin meningkat. ”Itu terlihat dari produksinya. Ini hebat,” ucap Habibie memuji Hanung.

Dia menambahkan, tidak semua orang bisa menerjemahkan kisah hidup seseorang ke dalam bentuk film dengan memanfaatkan teknologi canggih sehingga semua pesannya bisa tersampaikan. ”Itu penuh dengan nilai. Ini merupakan kerja sama yang hebat,” ujarnya.

Soal cerita, Habibie sudah tidak perlu banyak bicara lagi. Ceritanya sama persis dengan yang dia alami. Menonton film itu, Habibie merasa dibawa kembali ke masa lalu. Dalam penggarapan film, Habibie memang turun langsung. Hanung membenarkan hal tersebut. ”Eyang itu turun langsung. Datang ke lokasi syuting dan mau ikut dalam proses mengedit. Bahkan sampai sahur dia masih bertahan,” jelas Hanung.

Sementara itu, usai memberikan keterangan kepada awak media, Habibie langsung pulang. Sebab, kemarin sore juga digelar syukuran ulang tahun ke-80 Habibie di kediamannya di Patra Kuningan Jakarta Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

JK terlebih dahulu datang pukul 17.15 menggunakan mobil RI 2. JK yang mengenakan batik warna cokelat masuk melalui pintu masuk perpustakaan Habibie-Ainun. Berselang lima menit kemudian, giliran Jokowi yang tiba dan masuk melalui pintu yang sama.

Usai salat maghrib, puncak acara berupa seremoni potong tumpeng nasi kuning dimulai. Didampingi Jokowi, JK, dan Akbar Tandjung, Habibie tampak bersemangat untuk memotong tumpeng. Meskipun, dia sempat mengalami kesulitan untuk memotong bagian atas tumpeng.

Ketika tangan kanannya memotong tumpeng, tangan kiri Habibie yang memegang piring untuk menadah potongan tumpeng tampak gemetaran. Semakin lama dia memegang piring, tangannya makin bergetar. Terlebih saat mengambilkan lauk pendamping nasi kuning.

Potongan tumpeng pertama itu kemudian diberikan kepada Jokowi yang berdiri di sisi kirinya. Usai menyambut piring berisi nasi, Jokowi pun mengulurkan tangan memberi selamat dilanjutkan cium pipi kiri dan kanan. Senyum semringah tampak di wajah keduanya.

Ketika tiba gilran mengambilkan tumpeng untuk JK, putra Habibie, Ilham, berinisiatif membantu. Dia memegangkan piring yang akan diisi tumpeng oleh papinya. Begitu selesai, Ilham lansgung menyerahkan piring tersebut kepada JK. Sontak, piring yang sudah berada di tangan JK ditarik lagi oleh Habibie. Kemudian, sembari tertawa, dia menyerahkan kembali piring tersebut kepada JK, yang juga menyambutnya dengan tawa riang.

Bagi Jokowi, Habibie merupakan sosok yang mampu menginspirasi bangsa. Di hari ulang tahun Habibie yang berselang hanya empat hari dari ulang tahunnya, Jokowi berharap Habiie diberikan usia yang panjang dan kesehatan yang prima. ’’Kita ingin beliau tetap memberikan inspirasi kepada kita semuanya, kepada anak-anak muda, anak-anak bangsa,’’ucapnya usai acara.

Dia juga berpesan agar Habibie teruus memberikan motivasi agar bangsa Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. ’’Karena keteladanan beliau masih diperlukan oleh seluruh rakyat dan bangsa kita,’’ tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Hal senada disampaikan JK. ’’Kita berharap beliuau tetap memberikan sumbangan dan pikiran kepada kita semua,’’ tutur JK yang juga sama-sama lahir di Sulawesi Selatan.

80 tahun lalu BJ Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Habibie menjadi tokoh kunci saat Indonesia memasuki masa transisi dari orde Baru ke orde reformasi. Dia menjadi Presiden ketiga Indonesia, menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. (and/byu)

Berita Terkait