FIIHAA YUFRAQU KULLU AMRIN HAKIIM

FIIHAA YUFRAQU KULLU AMRIN HAKIIM

Jumat, 8 April 2016 09:32   1

“Pada ( malam itu ) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah “ ( Ad-Dukhan 4 ), demikian kurang lebih terjemahan   dari ayat tersebut di atas. Menurut “ Qur’an, Tajwid Dan Terjemah  Maghfirah “, maksud ayat tersebut “ Segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan  makhluk seperti hidup , mati, rezeki, nasib baik, nasib buruk dan sebagainya “.

Ayat tersebut menggambarkan betapa Allah swt mengutamakan dan memuliakan waktu malam. Secara kuantitatif Quran memberikan perhatian lebih dengan pemakaian kata Al Lail ( malam ) beserta turunannya sebanyak 92 kali. An – Nahar ( siang ) 57 kali. As-Subh ( subuh ) 45 kali. Al Fajar 24 kali. Ad-Duhan 7 kali dan Al Ashr ( asar ) sebanyak 5 kali.Bukankah terjadinya peristiwa menakjubkan,  isra’ dan mikraj Nabi Muhammad saw., juga di waktu malam.

Di antara contoh yang dapat kita saksikan di sekitar kita tentang keajaiban malam. Serangga merah selalu membuat sarangnya di waktu malam.Kita tidak pernah melihat mereka  yang sering bersarang di ranting pohon – pohon di sekitar halaman kita itu, membuat sarangnya di siang hari. Tapi kenyataannya ketika kita bangun tidur di pagi hari sarangnya sudah selesai begitu sempurna, lengkap dengan lemnya yang berwarna putih. Kita tidak bisa membayangkan, bagaimana cara mereka bekerja sehingga  bisa mempertautkan dua lembar daun lebar yang jaraknya terpisah agak jauh. Contoh lain.Induk ayam kampung, menetaskan  telur eramannya  juga di waktu malam. Ketika kita bangun pagi, kita telah mendengar suara anak – anak ayam yang baru menetas tersebut . Demikian pula, kita tidak pernah menyaksikan munculnya  kembang atau bunga  dari ranting  pepohonan dan atau tananam pada  waktu siang . Katakan kita memiliki sebatang pohon mangga di sekitar kediaman  kita .Pada waktu musimnya, begitu kita bangun pagi, kita sudah menyaksikan untaian indah , wanginya kembang mangga yang menjulur tersebut. Bagi anda yang disekitar rumahnya masih berupa tanah, akan sering melihat, pada waktu  bangun pagi, menyaksikan sebuah trowongan tanah yang  dibuat oleh semut kecil. Masya Allah, kalau di ukur dengan nalar, rasanya tidak masuk akal. Dalam waktu semalaman, para semut itu bisa membuat trowongan yang begitu panjang dan rapi, bila dibanding dengan tubuh – tubuh mereka yang kecil. Kita pun  belum mengetahui, ‘ lem ‘ atau ‘ semen ‘ jenis apa yang dipergunakan mereka itu ?. Subhanallah . Kenapa bisa terjadi  begitu ?. Jawabannya, “ Itulah rekayasa dari malaikat atas perintah Allah “.

Kejayaan Barat dalam bidang iptek menurut para Sastra Barat “ Mengurangi jam tidur malam “. Dr.Ray Medis, Guru besar di Engkand University of Tecknology menyimpulkan “ Di waktu malam sebenarnya manusia hanya perlu tidur 3 jam saja “. Tentunya waktu jaga tersebut dipergunakan untuk aktivitas yang bermanfaat. Di antara salafus saleh berkata “ Di setiap waktu sahar, Allah memperhatikan hati setiap orang yang terjaga  pada waktu itu. Kemudian Allah menuangkan cahaya ke dalam hati orang tersebut, hingga kemudian terpancar segala kebaikan dari hatinya. Jadi orang yang senantiasa bangun malam akan selalu berada dalam petunjuk dan bimbingan Allah, sehingga setiap derap langkahnya bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain.”

Bantuan Allah kepada Rasulullah saw. dan kaum mukmin dalam perang Badar, berupa ribuan malaikat  yang diturunkan Allah  adalah memenuhi permohonan Raulullah saw ketika tahajjud hampir sepanjang malam . “ Ingatlah ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu :  Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan 1000 malaikat yang datang berturut – turut “ ( Al Anfal 9 ). “ Sungguh Allah telah menolong kamu dalam perang Badar, padahal kamu ketika itu adalah orang – orang lemah. Karena itu bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya . Ingatlah ketika kamu mengatakan kepada orang – orang mukmin, ‘ Apakah tidak cukup bagimu Allah membantumu dengan 3.000 malaikat yang diturunkan dari langit ?’. Tentu cukup. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, dan mereka datang menyerangmu dengan serta merta niscaya Allah membantumu dengan 5.000 malaikat yang memakai tanda.” ( Ali Imran 123 ).

Wallahu’alam
                                                         

Uti Konsen