Fettouhi Ngebet Banget Bela Timnas

Fettouhi Ngebet Banget Bela Timnas

  Rabu, 31 Agustus 2016 09:30
Driss Fettouhi

Berita Terkait

Paspor Maitimo Dan Michiells Diurus oleh PSSI 

DARI sekian banyak pemain luar yang menggunakan warga negara Indonesia, Driss Fettouhi adalah salah satunya. Gelandang serang asal Maroko itu diketahui mengantongi paspor Indonesia sejak 2014 lalu dengan alamat Pasar Baru, Jakarta Pusat.. Saat ini, pemain berusia 26 tahun itu sangat ngebet untuk bisa bergabung dengan tim nasional Indonesia. 

Keinginan Fettouhi tersebut diungkapkan oleh Eddy Syahputra, agen pemain dari PT Ligina Sportindo. Menurut Eddy, harapan Fettouhi tersebut disampaikan lewat Redouane Barkaoui, mantan striker Persib Bandung. “Dua hari lalu saya barusan dihubungi oleh Barkaoui kalau Fettohui sudah sangat ingin membela Timnas Indonesia,” ujar Eddy. 

Saat masih muda, Fettouhi termasuk salah satu bintang muda yang bersinar bersama sepak bola Maroko dengan menjadi bagian dari Timnas Maroko U23 yang bertanding di Olimpiade London pada 2012 lalu. Saat ini, dia memperkuat Ajman Club di UAE Gulf League. “Ini potensi besar yang harus dimanfaatkan oleh Indonesia,” tegas Eddy. 

Nah, pertanyaannya, bagaimana Fettouhi bisa mendapatkan paspor Indonesia tersebut. Padahal, dia tidak memiliki riwayat keturunan Indonesia atau tinggal di Indonesia dalam waktu yang lama. Eddy Syah sendiri hanya bisa mengangkat bahu tanda tidak tahu. “ Itu dia, yang sampai saat ini saya tidak tahu,” tegasnya. 

Tapi, pria asal Padang, Sumatera Barat itu menyebutkan bahwa, dari pernyataan Barkaoui, Fettouhi mendapat paspor tersebut berkat bantuan dari salah satu pejabat tinggi Indonesia. Itu setelah dia ikut tampil membela Timnas  Maroko dalam Islamic Solidarity Games di Palembang, Sumatera Selatan,  pada 2013 lalu.

Menurut Eddy, besar kemungkinan karena melihat penampilan Fettouhi yang bagus tersebut, dia kemudian ditwarkan untuk bisa dinaturalisasi ke Indonesia. ‘’Mungkin karena ada orang baik saja yang ingin membantu dia untuk bisa membela Indonesia. Tapi, prosesnya bagaimana, saya tidak tahu,” ujarnya. 

Sementara itu, Diego Michiells dan Raphael Maitimo, dua pemain berkebangsaan Belanda yang punya pengalaman naturalisasi tersebut, sama-sama tidak mengetahui terkait kronologis mereka yang akhirnya bisa memegang paspor Indonesia. “Karena yang mengurusi semua itu adalah PSSI,” ungkap Maitimo, pemain yang saat ini berkostum Arema Cronus itu. 

Maitimo menuturkan, PSSI menawarkan kewarganegaraan Indonesia kepada dia tersebut setelah bermain bagus di kompetisi Tiongkok pada 2009 lalu. Setelah melewati proses adminstrasi, Maitimo akhirnya mendapat status kewarganegaraannya pada 2010 lalu. Dia tidak sendirian, tapi bersama Sergio Van Dijk, striker Persib.     

Senada dengan Maitimo, Diego Michiells juga mengungkapkan bahwa, dia hanya menerima kewarganegaraan Indonesia tersebut tanpa melewati proses keimigrasian yang berbelit belit lantaran semuanya sudah diurus oleh PSSI. “Saya hanya datang saat dimintai sumpah untuk menjadi warga negara Inonesia. Itu saja,” kata bek Pusamania Borneo FC ini. (ben)

Berita Terkait