Festival Durian Meriah

Festival Durian Meriah

  Jumat, 11 December 2015 08:33
DURIAN: Kabupaten Kayong Utara saat ini telah dibanjiri buah durian, begitu pula dengan kabupaten lain. Pada tanggal 11 sampai 13 Desember 2015 akan diadakan kegitan festival durian di Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana. DANANG PRSETYO/Pontianak Post.

Berita Terkait

SUKADANA--Camat Sukadana, Syahrial Solihin sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap penyelenggara kegiatan festival durian yang akan berlangsung pada  11 sampai 13 Desember 2015, di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana.“Ya, tentunnya dilaksankan kegiatan festival durian kita sangat memberikan apresiasi sekali terhadap penyelenggara. Karena, ini merupakan salah satu bentuk kegiatan rutin untuk dilaksanakan. Walau hanya dalam lingkup kecil saja. Dan mudah-mudahan, kedepannya kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih dari ini,” harap Camat Sukadana, Syahrial Solihin, Rabu(9/12).

Apalagi, sambung dia, di Kabupaten Kayong Utara, sangat terkenal akan duriannya, terlebih di Desa Sedahan. Untuk itu, pada kegiatan kali ini, Desa Sedahan Jaya menjadi pusat kegiatan festival durian. Selain itu, lanjut Syahrial, pada kegiatan festival durian turut menampilkan berbagai kegiatan budaya dan bagaimana proses pengolahan kuliner khas Kayong Utara, yaitu lempok duriannya.

“Di sana nanti juga akan diadakan penampilan tarian budaya, bagaimana mengolah durian menjadi lempok durian dan masih banyak lagi. Selain itu mengenai hal ini, kita juga sangat berharap untuk kedepannya melalui Dinas Pariwisata dapat lebih mengembangkan kegiatan tersebut, yang mungkin dengan membentuk panitia besar agar kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan dan mampu menarik para pengunjug wisata di Kayong Utara,” tutur Syahrial.

 Terpisah, dikatakan Kepala Desa (Kades) Sedahan Jaya, Nazanadila, kegiatan Festival Durian tersebut sudah pasti akan laksanakan selama tiga hari, 11-13 Desember, dipusatkan di Kantor Desa Sedahan Jaya. “Mudah-mudahan kegiatan yang kami adakan nanti, dapat berjalan dengan baik. Sesuai apa yang kita harapkan bersama. Walau kegiatan ini, dilakukan sesui dengan kemampuan kami, yang hanya dalam ruang lingkup kecil saja,”tutur Kades Sedahan Jaya.

Kades menambahkan, pada kegiatan ini juga nantinya akan diikuti dari desa-desa lainnya, yang akan turut hadir untuk dan memeriahkan kegiatan tersebut. Selanjutnya, ia berharap, pada tahun berikutnya, kegiatan ini (Festival Durian.Red) dapat dilaksanakan lebih besar lagi. Apalagi, di Kayong Utara, khususnya di Desa Sedahan Jaya, cukup terkenal akan hasil duriannya. “Pada kegiatan Festival durian ini, terdapat enam jenis kegiatan yang telah dikemas bersama warga sekitar. Mengenai hal ini, kita sangat berharap, pada tahun berikutnya, kegiatan ini dapat diadakan lebih besar lagi. Yang tentunya melalui Dinas terkait. Apalagi, dengan diadakannya kegiatan ini, dapat menarik para pengunjung wisata,” ucap Kades Sedahan Jaya.

Mengenai hal ini, salah satu anggota DPRD Kayong Utara, Sahid mengungkapkan festival durian ini tentunya akan menjadi salah satu ikon kegiatan di Kayong Utara. Terlebih, jika kedepannya, kegiatan ini dapat diadakan lebih besar lagi. Selain itu, dirinya juga memberikan apresiasi terhadap para penyelanggara yang telah mampu mengadakan kegiatan tersebut pada 11-13 Desember mendatang.“Mengenai hal ini, yang perlu juga diingat, pada kegiatan festival durian nanti, dapat menyajikan buah durian yang baik. Agar tidak mengecewakan para pegunjung yang hadir nanti. Dan semoga saja, kegiatan ini dapat terus berlangsung pada tahun-tahun berikutnya,” harapnya.(dan)

 

Berita Terkait